Mohon tunggu...
Effendy Wongso
Effendy Wongso Mohon Tunggu... Penulis - Jurnalis, fotografer, pecinta sastra

Jurnalis, fotografer, pecinta sastra

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Chef Ini Beberkan Bagaimana Memilih Kepiting Segar dan Lezat Dimakan

29 September 2022   14:00 Diperbarui: 29 September 2022   14:03 142 11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kepiting Saus Padang/Foto: Effendy Wongso

Salah satu jenis makanan yang disukai penikmat kuliner adalah makanan laut atau seafood. Selain ikan tentu saja, menu yang dapat dikatakan wajib ada dalam sebuah resto atau rumah makan seafood adalah kepiting. Kepiting menjadi favorit pelanggan lantaran dagingnya yang empuk dan legit terasa sedikit manis.

Kendati demikian, berbeda dengan ikan dan jenis-jenis seafood lainnya seperti cumi-cumi dan udang, kepiting agak sulit diketahui kualitas dagingnya lantaran tertutup cangkang. Padahal, semua penikmat kepiting tentu menginginkan daging kepiting yang berdaging cukup "tebal" dan segar.

"Memilih kepiting memang gampang-gampang sulit, bukan dilihat dari size-nya saja. Selain ukuran, ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan pelanggan untuk mendapat kualitas terbaik," terang Head Chef Waroenk Group Ahmad Niko ketika ditemui di Waroenk Seafood, Jalan Veteran 18, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 28 September 2022 malam.

Niko mengungkapkan, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah kesegaran kepiting itu sendiri. Artinya, bagaimana pun kepiting hidup adalah bahan "menu crab" terbaik.

"Pastinya pelanggan bakal lebih memilih kepiting yang masih hidup ketimbang yang sudah mati. Kenapa, karena kepiting hidup memang jauh lebih segar dibandingkan yang sudah mati," imbuhnya.

Selain itu, sebut Niko, kepiting hidup masih agresif dengan pergerakan lincah. Kepiting dengan ciri demikian, menandakan staminanya masih bagus.

"Jadi, kepiting yang pergerakannya masih bagus dan tidak kelihatan 'loyo' merupakan pertanda masih sehat. Biasanya, kepiting segar sangat agresif saat hendak disentuh," katanya.

Kepiting segar, imbuh Niko, juga dapat dilihat dari tekstur warnanya. Menurutnya, kepiting yang bercangkang mengkilap dan terang kurang begitu bagus.

"Lain hanya jika kepiting itu memiliki warna cangkang kusam dan agak tergores. Kebalikannya dengan kepiting berwarna mengkilap dan terang tadi, justru kepiting bercangkang kusam ini menandakan kepiting masih segar karena siap berganti kulit dan memiliki daging yang cukup padat," bebernya.

Selain dari tekstur dan warna cangkang, Niko mengatakan memilih kepiting segar juga bisa dilihat dari kedua matanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan