Mohon tunggu...
Effendy Wongso
Effendy Wongso Mohon Tunggu... Penulis - Jurnalis, Wartawan Madya Kompetensi Dewan Pers, fotografer, pecinta sastra

Jurnalis, Wartawan Madya Kompetensi Dewan Pers, fotografer, pecinta sastra

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Ini Keistimewaan American Risoles, Penganan 'Bule' yang Masuk Kampung

16 September 2022   10:04 Diperbarui: 25 September 2022   00:04 970 29 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jenis-jenis penganan risoles. / Foto: Effendy Wongso

Jika termasuk orang yang gemar menonton sinetron Indonesia, Anda pasti tahu atau minimal masih ingat salah satu judul sinetron yang populer pada 2004 hingga 2006, yaitu "Bule Masuk Kampung".

Sinetron yang ditayangkan di stasiun TV Indosiar itu diperankan Okan Cornelius, Dhini Aminarti, dan masih banyak artis tenar lainnya. Sinetron ini sendiri diklaim berdurasi panjang dengan lebih 100 episode.

Akan tetapi, saat ini kita tidak membahas sinetronnya namun membahas kuliner berupa penganan atau jajanan pasar, yaitu American Risoles. Uniknya, jika dirunut dari asal kue tradisional ini yang berasal dari luar negeri, Amerika Serikat (AS) maka bisa dipelesetkan kurang lebih "penganan bule masuk kampung". Ini lantaran analogi kuliner luar yang sudah jamak di pasar kuliner grassroot atau kaum akar rumput.

Kendati membawa entitas "Amerika", namun uniknya Risoles seperti diketahui secara umum berasal dari Belanda. Di Negeri Kincir Angin, Risoles disebut "rissole" merupakan snack khas serupa pastry berisi daging.

Terdengar rancu memang namun menurut Manager Royal Bakery Anita Anny saat ditemui belum lama ini di Jalan Bundaran PU, Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM), Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), hal itu lumrah dalam dunia kuliner.

Pasalnya, sebut Anita, riwayat kuliner yang bertumbuh seiring perkembangan diaspora Belanda di AS, turut melahirkan inovasi dengan kearifan setempat seperti penggunaan bahan-bahan yang ada di daerah yang didiami.

"Sehingga, lahirlah penganan-penganan kreasi baru dengan tetap mengusung kuliner mainstream daerah asalnya seperti rissole tersebut menjadi American Risoles," paparnya.

Anita menambahkan, Risoles sendiri memiliki banyak variasi tergantung isi dalamannya. Biasanya, daging dicincang dan sedikit sayuran sebagai isi dalaman yang terbungkus dalam dadar. Selanjutnya, kue kecil ini digoreng setelah dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam.

Hidangan tersebut juga dapat dipanggang dalam oven, dan disajikan sebagai hors-d'oeuvre atau appetizer (makanan ringan pembuka) sebelum sesi makan besar.

"Uniknya lagi, Risoles berukuran kecil dapat dipakai sebagai hiasan untuk hidangan dari potongan besar daging unggas atau daging sapi dalam sajian para 'bule' di Eropa," bebernya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan