Mohon tunggu...
FAIZAL EFENDI
FAIZAL EFENDI Mohon Tunggu... MAHASISWA

AMIKOM YOGYAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Antara Pembatasan Sosial dan Manfaat Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

21 Maret 2021   15:20 Diperbarui: 17 April 2021   22:41 135 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 telah membuat dunia terkena imbasnya khususnya dalam segi sosial, ekonomi dan pendidikan. Pengaruh dalam kehidupan sosial sangatlah banyak salah satunya adalah masyarakat menjadi kurang bersosialisai langsung yang mengakibatkan tumbuhnya rasa individualis, kurangnya kesadaran akan kepentingan bersama serta lebih mementingkan kepentingan pribadi. 

Pengaruh dalam bidang ekonomi adalah banyaknya perusahaan yang mengalami kebangkrutan dan akibatnya para pegawai  menjadi kehilangan pekerjaanya, dan terpaksa harus menganggur namun di tuntut harus tetap menafkahi keluarga nya, namun karena keadaan yang menuntut untuk tetap di rumah membuat kebanyakan orang menjadi putus asa. 

Tapi untuk sebagian orang bukan menjadi halangan untuk tetap mendapat penghasilan dan kreatif dimasa pandemi sepeti ini dengan cara jual beli online menggunakan teknologi yang ada seperti platform digital sosial media yaitu facebook, instagram, twiter, dan whatsapp bisa juga menggunakan platform jual beli online seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, bli bli, serta JD.id. 

Selain dalam bidang ekonomi, pendidikan juga sangat berpengaruh sehingga pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh yang menimbulkan pro dan kontra, baik dari siswa, guru maupun orangtua yang ikut berperan dalam kegiatan belajar di rumah.

Dampak dari pandemic Covid-19 sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat, pasalnya pemerintah menetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan social distancing (Jaga Jarak) untuk menurunkan angka pertumbuhan kasus positif serta agar terputusnya mata rantai penyebaran virus Covid-19. 

Situasi pandemi Covid-19 ditahun 2021 ini masih belum berakhir tetapi dampak yang ditimbulkan mengakibatkan perubahan yang luar biasa dalam hal kehidupan masyarakat yang tadinya semua kegiatan bisa dilakukan diluar rumah saat ini segala sesuatu dilakukan dirumah secara virtual. 

Semua itu seolah-olah dipaksa untuk beradaptasi dengan virus Covid-19 sehingga bisa bertransformasi menggunakan teknologi yang ada dalam melakukan kehidupan sehari-hari. Semua upaya pemerintah dalam mengatasi virus Covid-19 ini masih terus dilakukan apalagi sekarang sudah adanya vaksin covid-19 dan vaksinasi sudah dilakukan oleh pemerintah yang dilaksanakan sejak bulan januari hingga april 2021 vaksinasi dilakukan dengan beberapa tahap, untuk tahap yang pertama di berikan kepada tenaga kesehatan, untuk saat ini  sudah mencapai vaksinasi tahap kedua yaitu TNI, POLRI dan petugas pelayanan publik lainya. Selanjutnya tahap ketiga akan di berikan kepada masyarakat rentan dan untuk tahap yang keempat diberikan kepada masyarakat umum.

Disisi teknologi, saat ini teknologi sudah sangat maju dan sangatlah bermanfaat sebagai alat bantu manusia dalam melakukan kehidupannya. Saat ini masyarakat sangat tergantung dengan Teknologi apalagi dengan adanya masa pandemi Covid-19, semua hal yang dilakukan secara virtual ini tidak menjadi masalah karena ada media digital yang bisa menjembatani hingga menembus ruang dan waktu, bahkan untuk sebagian orang sudah memasuki tahap kecanduan terhadap teknologi terutama terhadap sosial media seperti yang sedang viral saat ini yaitu aplikasi Tik Tok, hampir semua orang terutama anak remaja sangat menggemari aplikasi ini tentunya aplikasi sosial media ini, lalu banyak orang yang memanfaatkan waktunya untuk berselancar dimedia sosial dari instagram, facebook, twiter ataupun yang lainya. 

Selain untuk media hiburan masyarakat juga memanfaatkan teknologi untuk melakukan pembelajaran dari mulai mencari materi hingga melihat video pembelajaran di youtube tentu ini akan menjadi pengaruh yang baik bagi mereka yang mampu memanfaatkan waktu untuk hal yang positif namun untuk kebanyakan orang akan lupa waktu ketika sudah masuk dalam dunia maya sehingga mereka hanya menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting dan mempengaruhi terhadap kesehatannya, terlalu lama menatap layar hp, laptop ataupun komputer yang memancarkan sinar radiasi membuat mata menjadi mudah lelah dan berair Hal ini membuat khawatir bagi kebanyakan orangtua .

Untuk kehidupan orang di perdesaan atau pelosok hal itu tentu bukanlah hal yang  mudah karena masih banyak masalah yang ada dalam penggunaan teknologi, seperti jaringan yang masih belum memadai, masyarakat yang masih belum mengerti teknologi, atau dari segi alat yang belum dimiliki. sedangkan dimasa seperti ini semua dituntut serba teknologi sehingga para siswa yang belum mampu menggunakan teknologi sangat terkendala saat belajar, ini menjadi suatu masalah penting bagi dunia pendidikan, dengan adanya pembelajaran jarak jauh tentunya teknologi sudah mulai dipelajari hingga para siswa dan orang tua bisa mengakses pembelajaran yang kebanyakan di berikan secara virtual. Bukan hanya itu untuk masalah jaringan yang terkendala hendaknya menjadi hal yang perlu diatasi.

Teknologi akan memberikan pengaruh positif kepada mereka yang menggunakannya dengan baik namun, akan memberikan pengaruh yang sangat buruk kepada orang yang menggunakan nya dengan sembarang bahkan saat ini juga banyak orang yang menyebar informasi bohong bahkan sampai ada kekerasan dimedia sosial. Untuk itu bijaklah dalam menggunakan teknologi masa kini dan manfaatkanlah teknologi semaksimal mungkin untuk kebaikan dan kemajuan semuanya.

VIDEO PILIHAN