Mohon tunggu...
Yulius Efendi
Yulius Efendi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sedang Menjalankan Studi

Laki-laki

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Cara Menjaga Tim Kerja Anda di Masa New Normal (Tips John Hall)

5 Agustus 2020   01:38 Diperbarui: 5 Agustus 2020   01:40 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebagai seorang pemimpin, tidak ada tanggung jawab yang lebih besar atau lebih penting daripada menjaga tim Anda. Ini sangat perlu dalam masa-masa sulit dan belum pernah terjadi sebelumnya. 

Bagaimanapun, rekan tim Anda membutuhkan dukungan Anda untuk membantu mereka tidak hanya tetap produktif, tetapi juga untuk mengatasi kecemasan dan stres tambahan yang disebabkan oleh COVID-19. 

Studi klinis menerangkan bahwa kecemasan dan depresi mengakibatkan penurunan produktivitas. Bagaimana Anda bisa menjaga tim Anda selama masa New Normal? Berikut adalah lima bidang yang menjadi fokus:

1. Prioritaskan kesejahteraan mereka

Anda memiliki anggota tim yang masih masuk kerja, berencana untuk segera membuka kembali aktivitas, atau mengelola staf jarak jauh yang terus bekerja dari rumah, penting bagi Anda untuk membantu mereka menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. 

Tempat pertama untuk memulai adalah membantu mencegah penyebaran virus; melakukan pemeriksaan kesehatan setiap hari, membutuhkan jarak sosial dan pemakaian masker, dan meningkatkan sistem ventilasi gedung Anda.

Selain itu, Anda harus menjelajahi cuti sakit yang fleksibel dan rencana darurat jika karyawan sakit. Selain itu, sarankan cara agar tim Anda tetap aktif secara fisik; ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan energi. 

Keluarlah untuk berjalan-jalan atau bersepeda, cobalah olahraga di rumah sebagai pengganti gym. Selain aktivitas fisik, ingatkan teman satu tim Anda untuk makan sehat dan banyak tidur, jangan mengabaikan kesehatan mental mereka. 

Di luar keterasingan yang banyak dari kita rasakan ketika bekerja dari jarak jauh, pandemi ini juga berdampak serius pada kesehatan mental kita. Seperti dicatat dalam The Washington Post, "Hampir setengah dari orang Amerika melaporkan krisis coronavirus merusak kesehatan mental mereka."

Meskipun hanya ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan dalam hal mengatasi kesehatan mental orang lain, buatlah prioritas untuk sering memeriksa dengan anggota tim Anda untuk melihat bagaimana keadaan mereka. 

Dengarkan keprihatinan mereka, dan jawab pertanyaan mereka. Tanyakan tentang beban kerja mereka; Anda mungkin ingin menguranginya sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk terlibat dalam perawatan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun