Mohon tunggu...
Efa Butar butar
Efa Butar butar Mohon Tunggu... Content Writer

Teknologi Pangan | Content Writer | 0896-5747-1513 | efab22@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Tiba di Rumah Sendirian

10 Februari 2020   22:45 Diperbarui: 14 Februari 2020   20:30 385 14 6 Mohon Tunggu...
Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Tiba di Rumah Sendirian
Ilustrasi di rumah sendirian (Sumber foto: freepik)

Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang tentu saja kadang memilih hidup sendiri untuk menikmati seperti apa rasanya menjadi mandiri. 

Mungkin agar tidak membebani orangtua atau mungkin karena hidup sendiri di perantauan sehingga satu-satunya pilihan bertahan adalah tinggal sendiri dan melakukan apa yang bisa dilakukan semaksimal mungkin.

Seusai bepergian dan tiba di rumah, kadang ada perasaan waspada, "apakah di rumah ini betul-betul hanya aku sendirian atau ada seseorang yang berniat jahat dan sedang bersembunyi?"

Pernah ngga sih kepikiran seperti itu, yang akhirnya membuat diri sendiri merasa tidak nyaman dan takut padahal bisa jadi hal ini hanya pikiran belaka. Untuk itu terutama bagi perempuan yang tinggal sendirian ada beberapa hal yang seharusnya dilakukan saat tiba di rumah, yakni: 

Pegang kunci rumah bahkan sebelum tiba di rumah
Memegang kunci rumah bahkan sebelum tiba di rumah, bisa membantu keamanan diri sendiri. Jika kamu tiba-tiba melihat seseorang yang mencurigakan kamu bisa dengan cepat membuka gembok pagar dan buru-buru masuk ke rumah.

Walaupun mungkin akan membuat diri sendiri parno, tetapi setidaknya berada di rumah akan terasa lebih aman dan lebih mudah mencari pertolongan dengan menghubungi orang terdekat.

Gantungkan gembok pagar tanpa menguncinya
Jangan lekas mengunci kembali gembok pagar. Cukup gantungkan, dan masuklah ke rumah.

Hal ini akan membantumu saat ada sesuatu yang mencurigakan di rumah dan kamu bisa berlari lebih cepat untuk menyelamatkan diri atau sekadar meminta pertolongan dari tetangga.

Buka pintu dan jangan lekas tutup kembali
Sama halnya dengan gembok, bukalah pintu lebar namun jangan lekas ditutup. Pastikan untuk terus memegang kunci rumah dan tidak meletakkannya di tempat terpisah atau yang sulit dijangkau.

Masuklah ke rumah dan sebisa mungkin bersikaplah tenang tetap pantau daerah pintu untuk memastikan tidak ada seseorang yang masuk

Nyalakan seluruh lampu rumah
Agar lebih tenang, nyalakan seluruh lampu di rumah nyalakan, televisi, musim, atau sesuatu yang membuatmu merasa nyaman dan tidak sendirian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x