Efa Butar butar
Efa Butar butar Karyawan Swasta

Teknologi Pangan | Content Writer | 0896-5747-1513 | efab22@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Bakso "Berati", Nikmatnya Cita Rasa Bakso Malang yang Sesungguhnya

8 Agustus 2018   23:54 Diperbarui: 9 Agustus 2018   15:57 1159 16 8
Bakso "Berati", Nikmatnya Cita Rasa Bakso Malang yang Sesungguhnya
Bakso (dokpri)

Memasak adalah Tentang Memberi Hati

Mendapati bakso Malang di ibu kota sudah hal yang sangat biasa, di mana-mana ada. Meski begitu, terkadang, cita rasanya pun berbeda-beda. Katanya sama-sama bakso malang, kok rasanya bisa berbeda-beda?

Kembali lagi, menghidangkan sebuah makanan tergantung dari hati (dan tangan). Tak peduli sepersis apapun resep yang digunakan, selama hati (dan tangan) yang mengolah berbeda, rasa yang keluarpun tak akan pernah sama.

Mengapa seseorang bisa jatuh cinta lewat makanan? Kalau kata Bapak, memasak itu bagian dari memberikan sepenuh hati kepada orang yang akan menikmati. Mereka memberikan yang terbaik di setiap proses hingga terhidang di tempatnya. Bukan yang penting bumbu masuk dan asal jadi. Dan Mamakmu melakukan itu.

Lho, tidak adil dong! Bagaimana dengan kami yang sedang belajar memasak? Kami memasak sepenuh hati tapi hasilnya tidak karu-karuan?

Belajar saja terus, jangan lupa untuk memasukkan seluruh isi hatimu di dalam masakan.

Ngga percaya? Coba saja lihat orang yang sedang bersedih, galau atau sejenisnya. Hasilnya tidak akan berbeda jauh. Gosonglah, keasinanlah, terlalu asam, atau mungkin hasil akhirnya tak berbentuk. Hal ini juga terjadi pada hati yang merasakan sebaliknya. Memasak itu selalu tentang hati.

Kembali lagi tentang bakso Malang. Di beberapa tempat di Jakarta, makanan ini memang terasa sangat nikmat, yang paling sering saya kunjungi, bakso malang persis di depan stasiun sudirman di depan alfaexpress. Hanya Rp 15.000.

Nikmat? Versi saya, tentu. Versi yang lain, belum tau. Bukankah rasa juga tergantung selera?

Di satu tempat, saya pernah membeli seporsi bakso Malang yang ketika saya makan pertama kali mulai kerja 2017 silam, hingga kini tempat tersebut tak lagi pernah saya injak kembali. Ini yang disebut bakso atau makanan asal jadi. Aroma bakso sangat tidak enak. Kemungkinan-kemungkinan pun muncul di dalam benak.

Jangan-jangan daging yang dipakai sudah tidak segar? Jangan-jangan, ini bakso yang diolah dari beberapa minggu lalu, ngga laku lalu dipanaskan kembali?

Ada banyak "jangan-jangan" yang muncul di benak ketika aroma daging baksonya saja sudah terasa tidak bersahabat.

Bakso President, Bakso Serbuan Wisatawan Domestik Saat Berkunjung Ke Malang.

Berbicara tentang bakso Malang yang marak dan sangat mudah ditemukan di ibu kota bahkan kota-kota lain di Indonesia, tidak afdol rasanya jika tidak menikmati bakso Malang yang sesungguhnya. Ya, bakso Malang di kota Malang tentu saja.

Bersamaan dengan diselenggarakannya ICD 2018 oleh Kompasiana yang bertempat di Taman Krida Budaya, Malang, saya yang memang sangat ingin mengunjungi kota Malang tak menyianyiakan kesempatan.

List yang ingin dikunjungi di kota Malang sudah tersusun rapi, lokasi rekomendasi bakso Malang termaknyus di Malang pun sudah dicek di Google maps untuk mengetahui titik pastinya. Perlengkapan selama di sana pun tak perlu dipertanyakan lagi. Semua siap untuk eksekusi.

Katanya sihhhhh, berkunjung ke Malang, belum lengkap jika tidak mampir di Bakso Malang President yang bertempat di jalan Batanghari, Klojen, Malang. Bakso ini adalah satu satunya tempat yang menjadi serbuan wisatawan domestik saat berkunjung ke Malang.

Bakso President Malang | Foto: Efa Butar butar
Bakso President Malang | Foto: Efa Butar butar
Lokasinya persis di pinggir rel kereta api. Dari seberang jalan, sedikit tertutup oleh rumah dan semacam warung yang berada persis di depannya. 

Di antara rumah dan warung tersebut, ada sedikit celah yang dimanfaatkan oleh konsumen untuk parkir, dari sana pula kita bisa melihat dengan jelas tulisan "Bakso President" dengan ukuran yang cukup besar untuk memastikan setiap pendatang tidak sedang salah alamat.

Menyantap Bakso "Berati", Nikmatnya Bakso Malang yang Sesungguhnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2