Mohon tunggu...
Efa Butar butar
Efa Butar butar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Content Writer | https://www.anabutarbutar.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Begini Rasanya Artikel Tembus 5.000 "Viewers"

17 Oktober 2017   08:17 Diperbarui: 17 Oktober 2017   11:18 1351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tulisan pertama yang tembus 5.000 an viewers | Sumber: DokPri

Diawali dengan sebuah dongeng untuk ajang Festival Fiksi Anak (FFA) 2013 silam, lahirlah akun Efa_Butarbutar di Kompasiana.

Meski sempat berhasil menulis berbagai jenis tulisan di Kompasiana, kegiatan ini sempat terhenti karena lupa password. Hahahaha. 

Dari beberapa tulisan "engga jelas", lalu perlahan mulai belajar menghasilkan artikel dengan topik bahasan yang ringan, sampai ke pengalaman pribadi dan terakhir tertantang untuk menulis mengenai Nutrisi dan Kesehatan. 

Saya belajar bahwa banyak hal-hal kecil dan sederhana yang sebenarnya sangat perlu namun banyak orang yang belum mengetahuinya. Dan melalui tulisan-tulisan ini, saya telah berbagi. Melalui tulisan-tulisan di sini pulalah saya berhasil merangkumnya menjadi bahasan ringan yang mudah diketahui banyak orang dari berbagai kalangan tanpa bermaksud menggurui. 

Dulu, tidak percaya diri adalah salah satu yang timbul setiap kali ingin klik tulisan "Tayang". Mikir muluuu. 

"Malu ah, ntar ga ada yang baca." 

"Malu ah, ntar ada yang komentar ga bagus."

Dan pikiran-pikiran lain yang menghantui setiap kali saya mencoba untuk berbagi tulisan saya. 

Sampai suatu waktu, saya menemukan satu artikel yang tidak kalah "engga jelas"nya dari artikel yang saya buat. Hingga akhirnya timbul pikiran "Namanya juga belajar, jika terburuk ada yang menertawakan tulisan saya, setidaknya saya ada temen di Platform ini yang tulisannya sama-sama engga jelas. Sama-sama pembelajar." Heheheh.

4 tahun dan hanya terkumpul 140 artikel. Dulu, viewers ada di angka 100 pun rasanya udah bahagia luar biasa, apalagi jika ada yang meninggalkan komentar. Wedeeehh, seharian serasa baru jatuh cinta (bayangin cuma gara-gara artikel dikomentarin orang lain). Astagaaa, alay banget gueee. Hahahaha.

Namun waktu memberi kesempatan untuk terus belajar. Ada banyak kisah yang bisa dibagi, ada banyak cerita yang mungkin bermanfaat untuk orang lain, ada banyak bahasan yang menarik untuk didiskusikan, termasuk diantaranya bagaimana teganya seseorang memberikan job pada seorang penulis freelance dengan bayaran Rp 10.000 untuk 3 artikel? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun