Mohon tunggu...
een efriyani
een efriyani Mohon Tunggu... Psikolog - Psikolog

Psikolog di RS. Dr. Sobirin Musi Rawas Lubuklinggau

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Bangkit Setelah Putus dari Pacar

21 Juli 2021   21:44 Diperbarui: 21 Juli 2021   22:02 112 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bangkit Setelah Putus dari Pacar
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

             Pacaran merupakan ikatan perjanjian untuk saling mencintai, saling menghargai, saling menghormati, saling setia sebagai suatu jalan menuju pernikahan yang sah. 

Pengalaman selama pacaran tentu ada yang menyenangkan dan ada juga yang tidak menyenangkan. Tidak semua yang berpacaran dapat bertahan sampai ke pernikahan. 

Berbagai hal yang dapat menyebabkan ketidakcocokan selama pacaran yang pada akhirnya mungkin dapat menyebabkan hubungan menjadi putus yaitu adanya perbedaan (prinsip atau keyakinan, suku, bahasa, daerah, budaya, kepribadian, status sosial ekonomi, tingkat pendidikan), kurangnya dukungan orangtua, adanya kekerasan selama berpacaran dan adanya orang ketiga.

            Semakin banyak perbedaan yang tidak dapat diselesaikan dengan baik maka kemungkinan putus dari pacar akan semakin besar. Tentunya bukan hal yang mudah untuk memutuskan hubungan dengan pacar, apalagi hubungan tersebut sudah terjalin bertahun-tahun dan begitu banyak kenangan yang sudah dilalui bersama. 

Setelah putus dari pacar, seseorang mungkin akan merasakan hal-hal berikut, misalnya merasa menyesal, sebagian orang menyesal mengapa memilih untuk putus dan ingin kembali berpacaran dengan mantan pacarnya. 

Merasa bersalah, rasa bersalah bisa muncul misalnya 'kenapa dulu tidak berbuat baik sama dia', 'kalau berbuat baik mungkin tidak akan sampai putus begini'. 

Namun ada juga yang merasa senang karena bisa terbebas dari mantan pacar, misalnya dulu punya pacar yang suka melakukan kekerasan fisik, playing victim, suka berbohong, menggunakan narkoba, berjudi atau suka selingkuh. 

Ada juga yang merasa marah, kecewa, sedih misalnya putus karena pacarnya selingkuh. Berbagai perasaan dan pikiran yang muncul setelah putus dari pacar ini dapat menyebabkan sebagian orang merasa kurang nafsu makan, kurang berminat untuk beraktvitas seperti biasanya, mengurung diri, sulit tidur, mengalami keluhan fisik seperti sakit kepala, melakukan perilaku beresiko yang dapat merugikan dirinya.    

           Keluhan-keluhan diatas yang dialami tentunya harus cepat diatasi, semakin banyak keluhan yang dirasakan maka tentunya akan merasa semakin berkurang kebahagian. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk bangkit kembali setelah putus dari pacar yaitu

  • Memastikan apakah hubungan dengan mantan pacar masih dapat dilanjutkan seperti sebelumnya atau sudah tidak ada kemungkinan untuk kembali berpacaran dengannya. Anda bisa mengumpulkan informasi mengenai penyebab anda memutuskan dia atau dia memutuskan anda. Jika ada informasi yang meragukan atau terjadi kesalahpahaman maka anda bisa melakukan konfirmasi atau klarifikasi mengenai data tersebut sehingga tidak ada kesalahpahaman lagi. Jika tidak ada kemungkinan atau kemungkinan yang sangat kecil untuk kembali dengannya maka anda bisa mulai melakukan langkah yang kedua.
  • Keyakinan diri. Pada tahap ini, anda bisa mulai menguatkan keyakinan anda bahwa semua sudah berakhir dan sudah menjadi bagian dari masa lalu anda. Anda bisa mulai menanamkan keyakinan diri bahwa anda dapat bertahan dan dapat terus beraktivitas seperti sebelumnya walaupun tanpa dia. Anda bisa memilih satu atau dua kata yang dapat terus anda ucapkan ketika anda sedang merasa tidak mampu hidup tanpa dia, misalnya 'aku bisa bertahan tanpa dia', 'aku yakin bisa walau tanpa dia', 'aku harus tetap hidup walau tanpa dia'.
  • Menerima diri. Apapun alasan yang membuat anda memutuskan dia atau dia yang memutuskan anda, anda bisa mulai menerima semua alasan tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai bagian dari masa lalunya. Anda menerima segala kenangan baik dan kenangan buruk selama bersamanya sebagai bagian dari perjalanan hidup anda di masa lalu. Jika kenangan bersamanya muncul dalam ingatan anda, anda bisa membiarkan ingatan tersebut muncul dalam pikiran anda beberapa menit kemudian anda perlahan hentikan ingatan tersebut dan mulai melanjutkan pekerjaan anda. Jika anda ingin menangis, anda juga bisa biarkan diri anda menangis beberapa menit, setelah itu secara perlahan anda mulai berhenti menangis dan melanjutkan aktivitas anda.
  • Mengekspresikan perasaan. Jika pikiran dan perasaan anda begitu tegang dan sangat menganggu aktivitas anda sejak anda putus dengan pacar maka anda bisa mengekspresikan perasaan dan pikiran anda tersebut misalnya dengan menuliskan secara rutin apa yang anda pikirkan dan rasakan terutama ketika anda merasa sangat tegang dan tertekan. Mencari teman yang dapat dipercaya untuk menjadi teman curhat anda. Anda juga bisa mengeskpresikan perasaan dan pikiran anda dengan bernyanyi, menggambar, menari, melukis atau melakukan gerakan olahraga tertentu.
  • Membuat perencanaan kegiatan anda sehari-hari. Setelah putus dari pacar, mungkin anda bisa mempunyai lebih banyak waktu luang. Waktu yang biasanya anda habiskan bersama pacar namun saat ini anda harus menjalaninya sendiri. Anda bisa mulai membuat agenda kegiatan anda sehari-hari, menyusun kembali rencana kegiatan yang selama ini tertunda atau belum terlaksana dan membuat target pencapaian rencana kegiatan tersebut. Anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk beraktivitas bersama teman atau keluarga anda serta melakukan hobi anda misalnya berolahraga, bercocok tanam, bermain musik, menulis atau membaca. Dengan sibuk pada kegiatan maka ingatan dan perhatian anda akan kenangan bersama mantan pacar akan lebih berkurang.
  • Jika semua telah anda lakukan secara rutin dan maksimal namun anda merasa semakin tidak bahagia maka anda bisa berkonsultasi ke tenaga ahli misalnya anda bisa konsultasi dengan psikolog atau guru BK di sekolah

          Tentunya anda tetap melanjutan kehidupan anda dan seiring waktu ketika anda sudah siap maka anda bisa mencari calon pendamping hidup anda yang baru. 

Bagaimana memilih pasangan sehingga anda ke depannya bisa menemukan orang yang sesuai dengan kriteria anda dan bisa sampai ke pernikahan, anda bisa memulainya dengan membuat daftar kelebihan dan kelemahan anda, coba kenali anda suka pria atau wanita yang seperti apa, pilihlah pria atau wanita yang mempunyai banyak kesamaan dengan anda atau yang bisa mengerti dan menerima anda apa adanya, anda bisa belajar dari pengalaman masa lalu anda tentang penyebab anda putus dengan pacar sehingga anda bisa mencegahnya supaya tidak terulang lagi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN