Mohon tunggu...
Een Nuraeni
Een Nuraeni Mohon Tunggu... pekerja sosial

"Orang yang tidak menulis, tidak punya sejarah"

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wisata Petualangan di Rancapinang Ujung Kulon

5 Agustus 2020   23:32 Diperbarui: 6 Agustus 2020   08:17 107 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata Petualangan di Rancapinang Ujung Kulon
dokumentasi pribadi

Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) merupakan kawasan yang memiliki destinasi  wisata sangat beragam. Tidak hanya diminati wisatawan lokal, bahkan wisatawan mancanegara sangat antusias berwisata sekaligus berpetualang di Ujung Kulon. 

Kelestarian alamnya yang masih terjaga dan banyaknya objek flora fauna langka yang masih hidup di kawasan ini membuat banyak orang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Rancapinang merupakan salah satu desa di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang yang berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Desa ini merupakan desa paling ujung di Kecamatan Cimanggu yang memiliki hamparan laut yang indah dan sungai Cicegong yang patut diperhitungkan.

Para pemuda dan tokoh masyarakat Rancapinang terus berupaya untuk mengembangkan potensi wisata alam yang dimiliki desa mereka guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.  

Salah satu tempat wisata yang sedang dikembangkan adalah Wisata Rahong Sungai Cicegog. Wisata Petualangan Rahong menawarkan sensasi susur sungai nan jernih ditengah hutan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. 

Disepanjang aliran sungai penunjung akan dimanjakan dengan pemandangan stalakit yang sangat indah dengan percikan air dari atas batu yang sangat menenangkan pikiran. 

Sejuknya aliran sungai membuat siapa saja betah untuk berlama-lama berenang ataupun duduk santai menyusuri sungai diatas ban yang disedikan pengelola. 

Pemandangan pohon-pohon besar dan akar menggelantung menambah kesejukan di mata. Tidak jarang pula kita akan menjumpai monyet bergelantung diatas pohon sana bergelayut dari satu ranting ke ranting yang lain.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Selain Wisata Rahong sungai cicegog, masyarakat juga bersinergi dengan pengelola resort Rancapinang untuk mengembangkan bumi perkemahan yang dapat melengkapi wisata rahong. 

Pengunjung yang datang dapat berkemah di area Bumi Perkemahan yang berada tepat didepan resort Rancapinang. Bumi perkemahan ini beralaskan hamparan rumput hijau, dan berada tepat di pinggir pantai dan muara sungai Cicegog.

Selama berkemah, pengunjung dapat menikmati jernihnya air muara sekaligus mendengar deburan ombak dan semilir angin pantai. Pengelola juga menyediakan tempat duduk kursi kayu disekeliling bumi perkemahan, sehingga kita bisa dengan nyaman menikmati suguhan pemandangan alam yang sangat indah sambil menikmati segelas kopi atau teh hangat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN