Mohon tunggu...
Elfa Rizkia Maulida
Elfa Rizkia Maulida Mohon Tunggu... Mahasiswa - History Education UPI'19

be your self~~

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mewujudkan Desa Mekarmukti Aman dan Nyaman Melalui Penanganan Sampah Keluarga

8 Agustus 2022   21:29 Diperbarui: 8 Agustus 2022   22:09 151 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelaksanaan KKN. Sumber: Dokumen Pribadi

Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Bebasis Sustainable Development Goals Desa. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata tersebar di seluruh Indonesia mengikuti domisili mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata tahun 2022. Desa Mekarmukti adalah salah satu desa tempat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Bebasis SDG's Desa. Mengangkat tema "Partisipasi mahasiswa dalam menguatkan dan meningkatkan program SDG's Desa dan rekognisi MBKM-Puspresnas Kemdikbudristek".

SDG's (Sustainable Development Goals) Desa memiliki 18 dasar program merujuk pada Perpres Nomor 59 Tahun 2019, yang meliputi menghargai keberadaan bangsa Indonesia yang sangat beragam dalam agama, budaya, bahasa, adat istiadat, serta menampung kearifan lokal masyarakat dan kelembagaan desa yang produktif agar bertahan, bahkan berkembang. Kemudian diimplementasikan ke dalam program dan kegiatan berdasarkan tema yang telah dicanangkan, salah satunya ialah Desa Peduli Kesehatan tentang Desa Kawasan Pemukiman Aman dan Nyaman.

Kegiatan KKN Tematik di Desa Mekarmukti ini ditujukan kepada warga masyarakat/keluarga sebagai sasarannya. Beberapa program kegiatan yang dilakukan diantaranya:

1. Sosialisasi Kegiatan KKN

Sosialisasi terkait tujuan dilangsungkannya kegiatan KKN, tujuan dari pemberdayaan masyarakat SDG's Desa terutama terkait indikator Desa Kawasan Pemukiman Aman dan Nyaman yaitu Terdapat Pengolahan Sampah dan Penanganan Sampah Keluarga.

Mari kita kenali lebih dulu maksud dari Pengolahan Sampah dan Penanganan Sampah Keluarga.

Sampah merupakan hal yang sering dijumpai dalam keseharian kita. Segala aktivitas manusia pastinya akan menghasilkan sampah. Lingkungan kita tinggal dan beraktivitas haruslah aman serta nyaman. Masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga lingkungan, seperti dalam aspek kebersihan. Lingkungan yang bersih akan menghasilkan pemukiman yang aman dan nyaman. Lingkungan yang bersih dengan memperhatikan kondisi pengolahan dan penanganan sampah, dimulai dari lingkup keluarga.

Lantas bagaimana kondisi lingkungan di Desa Mekarmukti khususnya terkait dengan sampah?

Dari fasilitas pemilahan sampah belum tersedia. Desa memiliki program pengangkutan sampah setiap 1 minggu sekali menuju tempat pembuangan akhir menggunakan truk sampah. Warga secara mandiri mengumpulkan sampah ke titik yang sudah ditentukan.

Titik pengumpulan sampah program Desa. Sumbe: Dokumen Pribadi
Titik pengumpulan sampah program Desa. Sumbe: Dokumen Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan