Mohon tunggu...
Edy Susanto
Edy Susanto Mohon Tunggu... Profile Saya

Perkenalkan Nama saya adalah Edy Susanto seorang praktisi di dunia Informasi Teknologi terutama di bagian IT Security. Tanpa bermaksud menggurui rekan rekan semua, motivasi utama saya dengan adanya jurnal ini adalah sekedar ingin berbagi pengetahuan tentang dunia IT Security. Profile lebih lanjut saya bisa di lihat di halaman website resmi saya di www.edysusanto.com. Diatas langit masih ada langit, oleh karena itu apa yang saya tulis ini mungkin tidak ada artinya dengan ilmu rekan rekan yang sudi mampir di halaman ini, tetapi point pentingnya adalah kita bisa sama sama saling belajar dan berbagi. Saya percaya sebuah ilmu mejadi berkah bila diberikan untuk mencerahkan yang lainnya. Salam Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Mengakses Informasi Tak Terbatas Melalui Dark Web

3 Juli 2015   10:46 Diperbarui: 3 Juli 2015   10:46 4570 2 4 Mohon Tunggu...

Apa yang kita kenal sebagai umumnya internet, web sebenarnya hanyalah permukaan saja, dibawahnya masih banyak sekali resource web yang tersembuyi. Sebagai ilustrasi nya adalah gambaran seperti lautan dimana disisi terdalam masih ada yang belum bisa kita akses atau kita temukan.

Figure 1-Ilustration Deep Web - Hackernews.com

Secara umum ukuran dari Deep Web adalah sulit untuk diperkirakan, namun beberapa kalangan mengatakan apa yang kta akses di sebagai internet sehari hari misalnya social media website, google, yahoo, news dll hanya mengambil bagian dari 1-4 % dari dari total Web itu sendiri. Jadi kalau kita melihat ilustrasi diatas maka apa yang sebenarnya kita berselancar di dunia maya adalah kita hanya browsing mengapung di permukaanya saja, jauh dibawahnya banyak sekali Informasi yang jumlah nya luar biasanya banyak dan mungkin belum pernah di ketahui oleh kalangan banyak sampai sekarang ini.

Dengan luasnya Deep Web ini mayoritas didalamnya banyak sekali berisi Informasi Informasi yang berharga, sensitive, legal dan illegal. Didalam Deep Web tidak aneh bila ada yang menawarkan obat obat terlarang, senjata, kartu kredit, pornografi, document rahasia. Oleh karena itulah kemudian Deep Web juga di asumsikan sebagai Dark Web. Disisi lain banyak pula naskah akademis berupa jurnal pendidikan , yang bisa saja terletak disana dimana kalau ada yang mau melihatnya anda harus membayar nya terlebih dahulu.  Intinya adalah Deep Web memiliki Informasi jauh lebih banyak dari apa yang pernah kita akses sekarang ini, dan memiliki sisi negative dan positif tergantung dari apa yang kita ingin ambil dari adanya Deep Web.

Bagaimana kita mengakses Deep Web ? untuk mengaksesnya rekan rekan perlu menggunakan jalur khusus yaitu TOR, dengan aplikasi ini anda akan terhubung kedalam darknest web, fungsi dari tor ini adalah menyembunyikan pula kerahasiaan diri kita saat berselancar di “dunia kegelapan “ heheheh. Mereka yang disana tidak akan bisa pula ketahui siapa dan oleh karena itu kita juga jangan sampai ketahuan siapa diri kita.

Aplikasi TOR ini membentuk relay dari yang namanya TOR Network diseluruh dunia. Ketika kita menggunakan TOR maka anda akan bisa mengakses Onion Domain, Domain ini termasuk klasifikasi rahasia dan tidak akan anda bisa akses melalui website biasa.

Okey..aplikasi TOR bisa anda download di website ini https://www.torproject.org, silahkan download sesuai versi Operating System masing masing. Jalankan aplikasi tersebut dan tunggu sampai terkoneksi dengan TOR Network.

Koneksi TOR Network

Bila sudah terhubung kemudian browser siap digunakan :

TOR Browser Siap Digunakan

Untuk meyakinkan apakah sudah terhubung, anda bisa cek di “Test TOR Network Settings” , kalau IP Address kita sudah berubah maka artinya kita sudah berhasil masuk dan di re route didalam TOR Network.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN