Mohon tunggu...
Edy Supriatna Syafei
Edy Supriatna Syafei Mohon Tunggu... Penulis

Tukang Tulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kenali Singa Beraksi di Tahun Politik

11 Oktober 2018   14:27 Diperbarui: 11 Oktober 2018   17:24 965 25 18 Mohon Tunggu...
Kenali Singa Beraksi di Tahun Politik
Foto | WA IHI

Singa - yang  dilafalkan qaswarah - hanya sekali disebut dalam Alquran (Surat  al-Maddassir/74:51. Di sini singa dikisahkan menakuti keledai sehingga lari tunggang langgang. Keduanya dijadikan perumpamaan keadaan manusia ketika hari kiamat tiba.

Singa dikisahkan sebagai matafor dari keberanian, kepahlawanan, maupun keadaan gawat. Kita pun tahu bahwa singa (panthera leon) adalah satu dari empat kucing besar yang ada di marga panthera. Ia punya berat badan mencapai 250 kg pada singa jantan. Untuk jenis ini adalah yang terberat setelah harimau.

Binatang ini masih banyak dijumpai di sub-Sahara di Afrika dan beberapa bagian Asia. Dan, singa juga berdiam di Afrika Utara dan Barat. Singa juga menyebar luas di berbagai belahan dunia, dijumpai di Eurasia, Eropa sampai India, dan Amerika (Yukon sampai Peru). Singa bisa mencapai usia 10-14 tahun di alam liar dan 20 tahun di tempat pemeliharaan.

Singa lebih suka hidup berkelompok terdiri dari anakan, singa muda, singa betina dan beberapa singa jantan. Singa betina secara bersama-sama berperan sebagai pemburu utama. Singa utamanya memangsa mamalia besar yang masih hidup, jarang memakan bangkai.

Sekitar adad 17 singa banyak diadu dengan hewan lain, terutama anjing. Lalu dilarang di Vienna dan Inggeris sekitar tahun 1825. Tapi ada pula yang memanfaatkan sebagai sirkus dengan terlebih dahulu dijinakan.

Tapi, dalam perkembangan selanjutnya, singa dijadikan simbol dalam berbagai kebudayaan manusia, terutama di Afrika, Eropa hingga Asia meski banyak manusia tewas karena ulah binatang ini.

Singa memperoleh kedudukan tinggi dan mempresentasikan kekuatan, keberanian, kebangsawanan. Makanya, singa pun disebut sebagai "raja" hutan.

Pernah terdengar cerita ukiran singa pada gading ditemukan pada gua Chuvet, Perancis, yang diperkirakan dilukis pada 32 ribu tahun lalu. Sementara di Mesir singa betina dijadikan lambang perang. Kemudian yang paling terkenal sebagai penjaga makam berupa sphinx. Sementara Yunani Kuno dan Romawi menggunakan singa nemean sebagai simbol zodiak leo.

Singa juga menjadi simbol kota Yurisalem dan Kerajaan Judah. Masyarkaat Turki dan Mongol sangat mengenal singa dan mempunyai nama khusus untuk hewan ini. Dalam agama Hindu, singa digambarkan sebagai titisan Wisnu muncul dengan nama Narashima.

Pada masa Babylonia, Dewi Ishthar digambarkan mengendari kereta perang yang ditarik oleh tujuh ekor singa jantan. Penguasa Irak, Saddam Husein, mengadopsi sejarah dan menemai tank buatan Iran berteknologi Rusia "Lion of Babylonia".    Sphinx juga dikenal di Mesopotamia dan Persia.

Belakangan, Sphinx menjadi representasi Firaun. Dan Singa Asia juga banyak muncul dalan naskah Cina, dan dimulai pada 40-500 tahun SM. Singa sangat populer pada Dinasti Han (206-220).  Singa ditempatkan sebagai penjaga pintu masuk istana. Sampai saat ini tarian singa (barongsai) masih terus dilestarikan dalam menyambut perayaan tahun baru Cina.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN