Mohon tunggu...
Edy Siswanto
Edy Siswanto Mohon Tunggu... Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PP IGVIM)

Penulis, dan pemerhati politik pendidikan. Pembelajar, berkelana mencari ilmu dan dakwah membangun generasi khairu ummah..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Profil Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM)

24 Oktober 2020   12:02 Diperbarui: 18 Januari 2021   10:37 1205 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Profil Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM)
whatsapp-image-2021-01-17-at-23-25-10-6004fca88ede4840136b2892.jpeg

Bismillah, kelahiran Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (IGVIM), dilatarbelakangi rendahnya mutu lulusan SMK, dan kurangnya kompetensi dan profesionalitas guru SMK, minim dan belum meratanya peralatan praktik dan laborotarium bengkel di SMK terutama luar jawa. Dan sederet permalsahan lain. IGVIM juga ikut mengakselerasi program pemerintah lewat Dirjen Vokasi. Mewujudkan revitalisasi SMK seperti dalam Inpres No 9 Tahun 2016.  

IGVIM Keberadaaanya khusus untuk mengurusi masalah pendidikan dibidang vokasi. IGVIM dalam Bahasa Indonesia, atau dalam Bahasa Inggris Adavanced Indonesian Vocational Teachers Association (AIVTA) merupakan suatu organisasi profesi guru yang bersifat sosial. 

IGVIM memupunyai visi besar, menjadi perkumpulan organisasi profesi guru kejuruan (vokasi) yang mandiri, profesional, inklusif, berwawasan global,  mencerdaskan dan berkarakter luhur kebangsaan. 

Adapun misi yang diemban IGVIM adalah : 

1. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan berkolaborasi dengan Dunia Usaha dan dunia Industri.

2. Menjalin kerjasama dengan semua pihak di dalam dan luar negeri.

3. Menjembatani komunikasi sesama Guru untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan pembelajaran dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pendidikan.

4. Mendukung segala upaya dalam penjaminan, pengontrolan, dan perbaikan mutu Guru.

5. Membangun budaya literasi dasar guna menumbuhkembangkan minat baca-tulis, sains, matematika, TIK, finansial, berbudaya dan sosial kemasyarakatan di kalangan Guru.

6. Memfasilitasi Guru untuk mengembangkan keterampilan pembelajaran abad 21 yang mengedepankan semangat pendidikan inklusif dan holistik.

7. Melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan penguasaan teknologi informasi untuk  mendukung  profesionalitas Guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x