Mohon tunggu...
Edy Priyono
Edy Priyono Mohon Tunggu...

Pekerja peneliti, juga sebagai konsultan individual untuk berbagai lembaga. Senang menulis, suka membaca. Semua tulisan di blog ini mencerminkan pendapat pribadi, tidak mewakili institusi apa pun.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Beberapa Nama yang Terinspirasi Mahabharata

17 Januari 2014   13:23 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:44 2533 0 0 Mohon Tunggu...

Mahabharata merupakan salah satu kitab epos terbesar yang pernah ada (selain Ramayana). Begitu hebatnya, sampai-sampai ada yang bilang: "Kalau ada sesuatu yang kita tidak temukan dalam Mahabharata, maka kita tidak akan temukan itu di tempat lain".  Dengan kata lain, dipercaya bahwa Mahabharata merupakan kitab yang sangat lengkap, apa saja ada.

Jadi salah kalau ada yang menganggap Mahabharata hanya merupakan cerita perwayangan. Memang, tokoh-tokoh dalam Mahabharata yang kita kenal ada dalam dunia perwayangan, tetapi sesungguhnya itu hanya simbol saja. Mahabharata mengandung pelajaran hidup bagi umat manusia, bukan hanya terkait dengan (pertunjukan) wayang.

Sadar atau tidak, Mahabharata telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan kita. Satu di antaranya adalah menginspirasi orang dalam memberi nama, khususnya nama untuk anak, baik anak laki-laki maupun perempuan.

Berikut ini beberapa nama yang terinspirasi oleh Mahabharata, lepas dari yang bersangkutan menyadarinya ataukah tidak. Juga lepas dari apakah yang bersangkutan tahu makna di balik nama itu ataukah tidak.

1. Abimanyu. Nama ini cukup dikenal, antara lain Pak Anggito Abimanyu, dosen UGM, mantan pejabat Kementerian Keuangan, sekarang jadi Dirjen di Kementerian Agama. Pernah jadi berita, karena sempat akan dijadikan Wakil Menteri Keuangan, tapi kemudian tidak jadi dilantik, konon karena ada masalah kepangkatan. Dalam Mahabharata, Abimanyu adalah putra Arjuna. Semua tahu dong, siapa Arjuna..

2. Artha. Nama ini antara lain dipakai oleh (almarhmah) Ully Artha, yang semasa hidupnya dulu merupakan pesinetron yang cukup terkenal. Dalam Mahabharata, Artha artinya Kemakmuran, salah satu tujuan hidup manusia selain dharma, kama dan moksa.

3. Astra. Dipakai sebagai nama oleh beberapa orang, tapi yang paling terkenal barangkali adalah Astra sebagai nama perusahaan besar (bidang otomotif dan perkebunan). Dalam Mahabharata, Astra bukan nama orang, tapi nama senjata sakti yang dilepaskan dengan membaca mantra.

4. Bharata. Penggemar musik pasti kenal Pongky Bharata, mantan pentolan Jikustik yang sekarang lebih aktif di grup The Dance Company. Aslinya, Bharata adalah putra Raja Dasarata. Dasarata sendiri adalah Raja Ayodya dan ayah Rama. Ngomong-ngomong, Pongky Bharata itu nama asli atau bukan ya?

5. Bima. Nama ini sangat populer, dipakai banyak orang, antara lain Arya Bima, Walikota Bogor terpilih. Dia --maksudnya Bima yang asli, bukan Pak Walikota-- adalah satu di antara lima bersaudara Pandawa. Bima memiliki ketangkasan dan kekuatan fisik yang luar biasa. Dia terlahir berkat Batara Bayu.

6. Citra.  Siapa tak kenal Bunga Citra Lestari alias BCL? Mudah-mudahan Citra yang ada dalam nama BCL bukan berasal dari Mahabharata, karena dalam kitab itu, Citra adalah salah satu putra Destarata yang tewas di medan perang. Destarata sendiri adalah Raja Hastinapura, tempat tinggal para Kurawa yang merupakan musuh Pandawa, meskipun mereka semua bersaudara.

7. Dewayani. Kenal nama Vika Dewayani? Ya, dia adalah istri (kedua) Adiguna Sutowo yang sempat jadi berita heboh karena rumahnya ditabrak oleh Flo (istri pemusik Piyu). Dari mana asal nama Dewayani itu? Dalam Mahabharata, Dewayani adalah putri cantik Mahaguru Sukra, guru para raksasa..Adiguna tampaknya selalu beruntung..

8. Dharma. Nama ini dipakai banyak orang, ada Budi Dharma (atlet angkat besi/angkat berat), ada Dharma Oratmangun (penyanyi/pemusik), ada juga Pra B Dharma (mantan basis grup jazz Bharata). Salah satu dari tujuan hidup manusia, artinya "jalan kebenaran".

9. Dananjaya. Nama ini dipakai oleh pemain bola nasional (jadul). Dananjaya merupakan salah satu nama (atau nama lain) Arjuna.

10. Govinda. Nama ini termasuk jarang dipakai, tetapi sekarang ini ada grup musik dengan nama itu. Dalam Mahabharata, Govinda adalah salah satu nama Sri Khrisna dan Wisnu; berarti penjaga api. Salut untuk band Govinda yang telah menggunakan nama sarat makna itu..

11. Indra.  Banyak sekali dipakai, dari artis, pemain bola sampai orang biasa. Indra adalah raja para dewa. Semoga yang memakai nama itu tidak 'keberatan nama'..

12. Irawan. Ini juga nama yang banyak dipakai, termasuk Ria Irawan, artis yang cukup terkenal. Dalam kitab Mahabharata, Irawan adalah putra Arjuna, dia tewas pada perang di hari ke delapan. tapi jangan khawatir, dia tokoh baik koq..

13. Jaya. Penggemar bola pasti tahu Jaya Hartono.. Tapi itu hanya satu dari begitu banyak orang yang menggunakan nama Jaya, dari orang biasa, tokoh terkenal, tapi yang paling banyak "Jaya" kita bisa temukan sebagai nama toko atau perusahaan. Dalam cerita Mahabharata, Jaya adalah putra Destarata (raja Hastinapura) yang dibunuh Bima dalam perang. Yang telanjur memakai ada yang berniat ganti nama?

14. Lesmana. Ada Indra Lesmana yang musisi, ada juga Tjipta Lesmana yang seolah bisa bicara tentang berbagai macam hal di layar TV.. Siapa sebenarnya Lesmana? Dia adalah saudara tiri Rama. Putra Duryudana juga menyandang nama ini. Jangan lupa, dalam Mahabharata, Duryudana merupakan tokoh 'antagonis'..

15. Marica. Nama ini jarang ditemui di Indonesia, tapi penggemar bola internasional mungkin tahu Ciprian Marica, pemain asal Rumania. Aslinya, marica adalah tokoh Ramayana, tapi disebut sekelebat dalam Mahabharata. Dia paman Rahwana yang mengubah diri menjadi kijang kencana demi Rahwana (untuk memikat hati Dewi Sinta). Jangan lupa juga, Rahwana adalah tokoh 'antagonis', jadi pertimbangkan masak-masak sebelum mengadopsi nama itu..

16. Pandu. Nama ini tidak ada hubungannya dengan kepanduan (pramuka). Cukup banyak dipakai sebagai nama orang, meskipun Pandu Logistik merupakan unit bisnis yang lebih dikenal saat ini. Pandu merupakan putra kedua Wicitrawirya dengan Ambalika. Dia mewarisi tahta Hastinapura ketika ayahnya meninggal dunia, karena kakaknya (yang seharusnya menjadi raja) buta. Pandu adalah ayah para Pandawa.

17. Parwati. Terdengar akrab di telinga orang Jawa, karena nama ini banyak dipakai (untuk perempuan). Parwati adalah istri Syiwa.

18. Pritha. Salah satu pengguna nama ini, yaitu Pritha Mulyasari, pernah sangat populer di jagad maya berkat gerakan "Koin untuk Pritha". Pritha adalah nama Dewi Kunti (ibunda Karna) sebelum menikah.

19. Sanjaya. Dulu pernah ada rocker (Indonesia) bernama Bangkit Sanjaya. Lanud di Bogor bernama Atang Sanjaya, jelas-jelas diambil dari nama orang, seorang mantan tokoh TNI AU. Dalam kitab Mahabharata, Sanjaya adalah orang yang memberikan update hari ke hari tentang perang (antara Pandawa melawan Kurawa) kepada raja Destarata yang buta.

20. Setyawati. Ini juga nama yang sangat populer di kalangan orang biasa, banyak sekali dipakai. Setyawati adalah putri seorang nelayan, dia sangat cantik dan menebarkan bau sangat harum, sehingga Raja Sentani jatuh hati dan akhirnya menjadikannya sebagai istri. Yang pakai nama Setyawati jangan lupa pakai parfum secara konsisten ya...

21. Sudarsana. Saya menduga "Sudarsono" yang dipakai Budi Sudarsono (mantan pemain Timnas Indonesia) terinspirasi dari nama yang ada dalam kisah Mahabharata ini. Sayangnya, dalam kitab itu, Sudarsana adalah kesatria di kubu Kurawa (yang diidentikkan dengan pihak yang 'jahat', meskipun tidak sepenuhnya demikian). Maaf ya, Budi...

22. Suwarna. Yang sering jalan menuju arah Bandara Soekarno-Hatta pasti sering melihat kompleks pergudangan yang memakai nama ini. Saya tidak tahu apakah yang empunya gudang punya nama sama. Yang jelas, dalam Mahabharata, posisi Suwarna adalah sama dengan Sudarsana, yaitu prajurit di kubu Kurawa.

Ada yang terlewatkah?

(Referensi: "Kitab Epos Mahabharata" karya C. Rajagopalachari)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
17 Januari 2014