Media

Multimedia Menjadi Jembatan Informasi

2 Februari 2018   17:02 Diperbarui: 2 Februari 2018   17:04 808 0 0

Kemajuan teknologi yang sangat cepat mendorong semua aspek untuk berkembang kearah yang lebih praktis. Salah satunya adalah dalam penyampaian informasi. Dijaman dahulu cara menyebarkan informasih sudah beragam namun masih sangat lambat. Yaitu dengan cara mulut ke mulut lalu mulai berkembang lagi menggunakan koran untuk penyebaran informasi yang lebih cepat.

Tidak sampai disitu perkembangan penyebaran informasi sampai adanya televisi dimana kita sudah bisa mendapat informasi dalam bentuk suara, gambar, grafik, tulisan dan juga video. Pada tahap ini perkembangan penyebaran informasi sudah sampai pada tahap multimedia.

Multimedia adalah sebuah medium baru untuk berkomunikasi dimana mengabungan dari 3 aspek penting yaitu suara, tulisan dan gambar yang digunakan untuk merepresentasikan informasi secara lebih interaktif dan dinamis. Multimedia dijaman sekarang sudah digunakan dalam berbagai hal, misal kartu ucapan selamat, album foto, konfrensi, katalog, film, bahkan internet.

Menurut marshall (2001) sistem multimedia mempunyai empat karakteristik dasar, yaitu:

  • Merupakan sistem yang dikontrol oleh komputer,
  • Merupakan sebuah sistem yang terintergrasi,
  • Informasi yang ditangani direpresentasiansecara digital, dan
  • Antarmuka pada media tampi;an akhir biasanya bersifat interaktif.

Menurut Vaughan (2004), multimedia merupaan kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi, dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digital dan dapat disampaikan atau dikontrol secar interaktif, ada tiga jenis multimedia, yaitu:

  • Mutimedia interaktif
  • Pengguna dapa mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan.
  • Multimedia hiperaktif
  • Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan(link) yang menghubungka elemen-elemen multimedia yang ada.
  • Multimedia linear
  • Pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.

Media digital membuka kemungkinan-kemungkinan baru untuk bidang jurnalistik.

Pada media digital hard news dikemas lebih pendek, simple dan ketika bersifat penting cerita akan bisa menjadi sangat besar ketika dari semua sisi akan dibahas sehingga berita akan menjadi sangat baik dan akan bisa berlanjut dalam beberapa minggu atau bulan. Serta media digital membuka kemungkinan bahwa jurnalistik tidak hanya bersifat hard news. Jurnalis bisa memulai dengan mengumpulkan data dengan wawancara, penelitian dan riset. Setelah itu memilah-miliah dari hasil wawancara atau riset yang dilakukan ditahap selanjutnya adalah memproduksi. Memproduksi adalah bagian dimana jurnalis menulis dari hasil riset dan wawancara yang dilakukan kedalam satu cerita utuh yang akan dibantu editor. Setelah lulus dari editorial maka berita yang dbuat akan dipublikasi dan didistribsikan ke masyarakat. Terkahir akan ada analisis terhadap berita yang sudah dipublikasikan apakah ada kelajutan atau tidak serta melihat reaksi atau komentar dari masyarakat yang sudah melihat.

Medium yang digunakan jurnalis dijaman multimedia sangat banyak yaitu bisa dari bidang fotografi, audio, video, animasi atau grafik dan teks. dengan media yang sangat beragam maka informasi yang ditampilkan semakin baik.

Mengapa menggunakan multimedia?

Multimedia memberikan kemudahan dalam menginterpretasikan informasi yang ditampilkan. Memberikan pengalaman yang mendalam dari beragamnya media yang ada. Serta ememberikan pengertian yang lebih baik terhadap konten. Biaya yang digunakan juga menjadi lebih efektif.

Aplikasinya dari multimedia

Multimedia dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari karena multimedia dapat menjadi alat bantu yang menyenangkan dan kekayaan elemen-elemen dalam konten yang bervariasi. Beberapa bidang multimedia adalah sebgai berikut:\

  • Bisnis
  • Aplikasi multimedia untuk bisnis meliputi presentasi, pemasaran, periklanan, demo produk, katalog, komunikasi jaringan dan masih banyak lagi. Penggunaan multimedia akan membuat kemudahan transaksi bisnis.
  • Sekolah
  • Multimedia sangat dibutuhkan karena disekolah kita snsa sambil memperkenalkan multimedia sejak dini. Dengan multimedia juga membuat lebih lengkap dan menarik dalam pengajaran.
  • Rumah
  • Multimedia dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan untuk keluarga seperti game, televisi, dan radio.
  • Tempat umun
  • Tempat umum juga sangat banyak menggunakan multimedia sebagai pemberi informasi
  • Virtual reality (VR)
  • Bidang ini biasanya menggunakan alat-alat khusus, misalnya kacamata, helm, dan antarmuka.

Kesimpulan

Multimedia memegang peran penting dalam menjembatani informasi kepada masyarakat agar dapat tahu apa yang sedang terjadi atau perkembangan disekitar. Dengan adanya multimedia, masyarakat menjadi lebih paham dan tau informasi yang sedang tersebar.

Daftar pustaka

Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-multimedia-dan-jenis-multimedia/