Mohon tunggu...
Edwina Tanjaya
Edwina Tanjaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/pelajar

berasal dari Pekanbaru, Riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

2 Oktober 2022   15:57 Diperbarui: 2 Oktober 2022   16:01 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berikut adalah narasi mengenai pengalaman saya dalam mengikuti geladi Hominisasi.

Proses awal mengikuti geladi hominisasi dimulai dari melakukan pendaftaran pada tanggal-tanggal yang telah ditentukan. Setelah itu sekitar 4 hari sebelum geladi dilaksanakan, akan diberikan tugas pra geladi yang wajib dikerjakan sebelum mendapat link zoom. Jujur, saat itu saya tidak menegtahui akan adanya tugas tersebut. Saya lalai karena tidak memeriksa dengan baik email saya. 

Akhirnya saya pun terlambat dalam mengumpulkan tugas pra geladi tersebut. Untungnya, setelah saya mengemail panitia, mereka masih memberi toleransi kepada saya untuk segera mengumpul tugasnya. Saya pun diberikan link zoom dan masih dapat mengikuti geladi pada tanggal 2 oktober. 

Selama mengikuti geladi, kami harus terus menghidupkan kamera dan diberikan bimbingan. Kami juga bermain quiz ,melakukan diskusi serta  presentasi bersama teman-teman lainnya. Geladi ini pun berlangsung selama kurang lebih 5 jam yang kemudian diakhiri dengan menyanyikan lagu dan doa.

Refleksi pengalaman selama geladi adalah bagaimana rasanya berdiskusi dan menyampaikan pendapat serta membangun chemistry Bersama dengan orang-orang yang baru kita kenal selama beberapa menit saja. Saya rasa hal ini juga akan menjadi suatu pengalaman yang menarik dan berharga untuk saya.

Setelah mengikuti geladi Hominisasi, saya merasa kemampuan menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga sangatlah penting. Karena, dengan menggunakan logika, kita dapat menggunakan pikiran kita untuk memperjuangkan, memajukan, melestarikan serta menjaga negara kita. Hal itu dapat dilakukan dengan dibantu oleh bahasa sebagai pengantaranya. Dengan berbahasa yang baiklah kita dapat mengutarakan pemikiran kita yang didasarkan oleh logika sebagai warga.

Saya juga mendapatkan manfaat setelah mengikuti geladi ini. Dari geladi ini, saya jadi dapat berpikir lebih kritis, mempelajari tips dalam time management, dan cara untuk berbahasa dengan lebih baik lagi.

Kemampuan yang secara singkat saya pelajari yang akan saya terapkan saat berkuliah adalah cara melakukan presentasi  dan menulis artikel dengan lebih baik lagi serta cara untuk mengungkapkan diri dengan baik saat  berdiskusi. Saya juga akan emningkatkan kemampuan saya dalam berpikir,berbahasa sebagai warga negara dengan terus menambah informasi seperti membaca buku  dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah pengalaman saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun