Mohon tunggu...
Eduardus Fromotius Lebe
Eduardus Fromotius Lebe Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Konsultan Skripsi

Menulis itu mengadministrasikan pikiran secara sistematis, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Artikel Utama

Hakikat Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika

17 Desember 2021   08:08 Diperbarui: 27 Desember 2021   15:52 741 19 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi praktikum pelajaran fisika (Sumber: KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Oleh. Eduardus Fromotius Lebe

(Penulis, Konsultan Skripsi dan Dosen)

Fisika dan eksperimen ibarat dua sisi mata uang yang saling beriringan satu sama lain. Hampir pasti dalam proses pembelajaran fisika, siswa diarahkan untuk melakukan eksperimen. 

Konstruksi berpikir pembelajaran fisika adalah melalui eksperimen siswa secara langsung menemukan konsep fisika. 

Melalui eksperimen, siswa dapat merumuskan sendiri konsep, teori, dan hukum yang dipelajarinya

Berkaitan dengan hal itu, guru disarankan untuk lebih banyak menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran fisika. Ini bukan tanpa sebab, materi fisika memiliki corak yang berbeda dengan mata pelajaran yang lainnya. Hampir seluruh materi yang ada di dalam pembelajaran fisika melibatkan aktivitas fisik siswa termasuk melakukan eksperimen.

Melibatkan siswa dalam melakukan eksperimen bukanlah hal yang mudah dilakukan. Mengkondisikan kelas untuk melakukan eksperimen adalah tantangan tersendiri bagi guru fisika. Sejauh ini, masih banyak keluhan dari teman-teman guru fisika ketika melaksanakan metode eksperimen.

Tidak mudah bagi guru untuk melaksanakan metode eksperimen. Selain kendala fasilitas seperti perlengkapan eksperimen yang kurang memadai, karakteristik siswa  juga mempengaruhi kualitas keterlaksanaan pembelajaran. Sebab, tujuan pembelajaran bisa tidak tercapai apabila pelaksanaan eksperimen oleh siswa tidak berjalan maksimal.

Tugas guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode eksperimen tidak hanya sekedar mengontrol. Namun juga memastikan bahwa pelaksanaan eksperimen berjalan sesuai tahapan yang benar. Oleh karena itu, guru harus menyiapkan dan menjelaskan langkah-langkah eksperimen secara baik.

Sepintas dapat dilihat bahwa metode eksperimen adalah metode yang paling sulit untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, di dalam pembelajaran fisika metode eksperimen tidak bisa diabaikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan