Mohon tunggu...
Eduard Nababan
Eduard Nababan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

iNTROVERT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Tim II UNDIP 2021/2022: Gerakan Minum Susu "Gerimis" di Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati

13 Agustus 2022   09:18 Diperbarui: 13 Agustus 2022   09:30 21 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

       Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan "Gerakan Minum Susu" atau yang dapat disingkat dengan "GERIMIS" Kegiatan tersebut dilakukan di Kelurahan Mangunsari tepatnya berlokasi di RW 1. Kegiatan GERIMIS tersebut dilakukan sejalan dengan tema besar yang dibawakan oleh  Universitas Diponegoro pada program KKN tahun ini yakni Stunting dan Narkoba.

       Stunting dapat menyebabkan gangguan kecerdasan karena kekurangan gizi secara kronis yang mana dipicu oleh beberapa faktor seperti terdapat infeksi pada saat kehamilan, tidak terjadi pemenuhan gizi yang baik dan benar pada ibu hamil, serta terdapat stimulasi yang buruk berasal dari lingkungan. Oleh sebab itu, salah satu Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro bernama Eduard Nababan dari jurusan Hubungan Internasional, FISIP Undip angkatan 2019, berinisiatif untuk melakukan kegiatan "Gerakan Minum Susu" tersebut, terlebih sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) No. 3 "Good Health & Well Being" atau dengan kata lain untuk menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia. Terdapat beberapa target SDGs di sektor kesehatan, penekanan angka stunting adalah salah satunya. Kegiatan Gerimis dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022 di RW 1, Kelurahan Mangunsari. 

Mahasiswa Universitas Diponegoro bersinergi dengan kader Posyandu di RW 01 bernama Ibu Ida dalam mengadakan gerakan minum susu di beberapa RT. Yang menjadi target gerimis adalah anak-anak yang berumur 3-5 tahun. Kegiatan yang dimulai pada pukul 15.00 Wib  dengan sosialisasi mengenai pentingnya untuk meminum susu bagi kesehatan dan pertumbuhan anak tersebut dilakukan secara bergilir dengan datang ke rumah-rumah warga. 

Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro juga memberikan informasi terkait peranan susu dalam memberikan perkembangan yang ideal bagi si anak.  Serta memberikan poster yang berisi informasi seputar kandungan susu yang baik untuk dikonsumsi. Setelah itu, para mahasiswa juga membagikan susu greenfield dan permen susu kepada 10 anak dalam mempraktikkan gerakan minum susu tersebut.

Dokpri
Dokpri

       Selama kegiatan, mahasiswa KKN TIM II Undip melihat bahwa tidak semua orangtua di Kelurahan Mangunsari, khususnya RW 1 yang memiliki kesadaran yang tinggi dalam hal pemberian susu kepada anaknya. Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022 melalui program monodisiplin bernama "GERIMIS" yang telah dijalankan dapat meningkatkan kesadaran pemerintah terkhusus pada tingkat Kelurahan, Bahkan RW, RT, serta orangtua dapat selalu berfokus terhadap peningkatan kesehatan dan pemenuhan gizi terhadap anak-anak dan pemeriksaan perkembangan yang rutin memadai agar data stunting dapat dihilangkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan