Mohon tunggu...
EDROL
EDROL Mohon Tunggu... Administrasi - Petualang Kehidupan Yang Suka Menulis dan Motret

Penulis Lepas, Fotografer Amatir, Petualang Alam Bebas, Enjiner Mesin, Praktisi Asuransi. Cita-cita: #Papi Inspiratif# web:https://edrolnapitupulu.com/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Bumi yang Terhilang pada Hari Bumi 2019

22 April 2019   18:09 Diperbarui: 22 April 2019   18:15 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengenal Bumi (ilustrasi dari www.skipprichard.com)

Hari ini tanggal 22 April adalah peringatan Hari Bumi Sedunia. Saat tadi pagi saya membuka Google Chrome, muncul doodle yang saat saya arahkan kursor saya ke sana  muncul "Happy Earth Day 2019".  Kemudian saya klik tombol play, muncul tampilan sebagai berikut:

1. burung albatross (burung dengan bentangan sayap terlebar di dunia yang mampu melayang hingga ratusan mil tanpa mengepak sayapnya), 

2. pohon redwood pesisir (pohon yang paling tinggi di dunia mencapai tinggi hingga 377 kaki setara dengan 75 orang manusia), 

3. seekor katak  habitat Papua Nugini, Paedophryne amauensis (hewan bertulang belakang terkecil dunia sebesar koin logam), 

4. tanaman teratai air Amazon (tanaman akuatik terbesar yang diukur sebesar tubuh orang dewasa),

5.  Ikan Coelacanth (ikan purba yang sudah ada sejak zaman dinosaurus atau sekitar 407 juta tahun yang lalu,

6.  Hewan serangga yang tanpa penglihatan hanya memiliki ekor pegas mampu hidup di dasar gua yang dalam

7. Muncul pesan bahwa Google hanya menampilkan potongan kecil dari keragaman hayati, keunikan, dan keajaiban bumi ini yang kita sebut sebagai rumah. "Happy Earth Day!"

Google hanya menampilkan 6 (enam) hal yang menggambarkan tentang bumi. 

Lantas saya bertanya kepada diri sendiri, bagaimana dengan saya menggambarkan bumi di usia yang menuju kepala empat ini?  Saya merenungkan sejenak  sekitar 5 (lima) menit. Dan hasil renungan 5 (lima) menit tersebut, yang terlintas dari ada 5 (lima) hal yaitu:

1. Bumi yang ku kenal adalah bumi pertiwi yang bernama Indonesia bahkan yang paling ku kenal adalah bumi tempat saya dibesarkan yaitu bumi Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun