Mohon tunggu...
Edrida Pulungan
Edrida Pulungan Mohon Tunggu... Analis Kebijakan - penulis, penikmat travelling dan public speaker

Penulis lifestyle, film, sastra, ekonomi kreatif Perempuan ,Pemuda, Lingkungan dan Hubungan Luar Negeri Pendiri Lentera Pustaka Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Edrida Pulungan, Host Moderator Kompasianival yang lolos 10 besar Anugerah ASN Kemenpan RB 2020 Kategori Future Leader

30 Oktober 2020   05:15 Diperbarui: 30 Oktober 2020   05:27 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                  Gambar 1 : Berkontribusi untuk negeri  mendukung demokrasi di parlemen sejak tahun 2011 doc. edrida

"Ananda hari ini menentukan hari esok, yakinlah siapa bersungguh- sungguh pasti mendapat ( Man Zadda wa Jada)"

Kalimat tersebut bagaikan mantra yang tiba- tiba muncul di penghujung tahun 2020. Kalimat singkat yang jadi penyemangat yang saya dapatkan dari alm.Bapak saya saat pertama kali saya kuliah dan merantau ke Medan hingga 10 tahun menetap di medan dan hijrah ke jakarta melanjutkan s2 rangkap di bidang hubungan internasional ( paramadina ) dan Sosiologi ( UI). Mungkin inilah yang menyebabkan saya menyukai dunia humaniora seolah masuk ke dalam atmosfer social scientist, Saya sangat suka aktivitas yang memiliki dampak bagi komunitas dan kemasyarakatan dan rencana disertasi doktoral saya adalah terkait " collaborative government berbasis talenta dan creative beuracracy"

Hingga bertepatan di bulan oktober , bulan sumpah pemuda, saya mendapatkan berita tak terduga dari Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sebagai satu apresiasi perjalanan karir saya sebagai abdi negara. Tentu banyak kisah suka dan duka menyertainya. Dalam perjalanan wakktu ternyata pekerjaan itu adalah ibadah, serta kehidupan itu sendiri.  Juga  dilengkapi motivasi Mas Rene Suhardono yang sering terngiang di telinga " your job is not your career, find your own passion" atau kalimat  " Bekerjalah  tanpa suara, dan biarkan kesuksesan anda yang berbunyi nyaring ( Frank Ocean) 

Saya jadi teringat di awal tahun 2013 saya diikutkan oleh pimpinan saya untuk ikut tim reformasi birokrasi yang bekerjasama dengan UI, saya staf paling muda dan diperkenalkan pada semua tim yang suah senior bahkan kebanyakan kabag, kasubag dan kelapa biro. Sejak pimpinan itu pensiun, saya tersadar karir saya sedikit berliku. Namun saya tetap optimis dan terus menambah pengetahuan , wawasan dan berguru pada banyak senior dan mentor  yang saya dapatkan dalam perjalanan karir saya yakni pengalaman, sehingga semua energi negatif dan politik kantor  yang kuat berubah menjadi karya nyata, alhamdulillah bisa melewati ombaknya dan karangya yang cadas serta membuat banyak inovasi

                                                                                       Kaladioskop Perjalanan karir edrida Pulungan tahun 2011-sekarang

fl-1-5f9b37b5d541df48ea537a12.jpg
fl-1-5f9b37b5d541df48ea537a12.jpg
                                                                  Gambar 2 :  Masa Prajabatan di kementerian  pertahanan, saya mendirikan grup 3g 

       ( Green Goverment Generation )  serta langsung membuat kausnya untuk grup saya dengan warna hija dan lambang daun  tahun 2011 doc. edrida

fl2-5f9b37cd8ede48344e726873.jpg
fl2-5f9b37cd8ede48344e726873.jpg
                                                                                 Gambar 3 :  Aktif dalam diskusi Dialog  Kenegaraan tahun 2011 doc. edrida

fl-10-5f9b37f6d541df6804327e22.jpg
fl-10-5f9b37f6d541df6804327e22.jpg
                                    Gambar 4 :   Tugas mendampingi anggota DPD RI rapat konsultasi bersama presiden Jokowi 2015 doc. edrida

fl7-5f9b386ed541df40cb2e6b63.jpg
fl7-5f9b386ed541df40cb2e6b63.jpg
                                          Gambar 5 :   Menyambut delegasi dan presentasi di gedung nusantara V  Senayan 2018 doc. edrida

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun