Mohon tunggu...
Otomotif

Pentingnya Keberihan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Prestasi Siswa

1 Maret 2017   10:45 Diperbarui: 1 Maret 2017   10:59 7038 0 0 Mohon Tunggu...

Lingkunganbelajar yang efektif adalah sebuah lingkungan belajar yang produktif,dimana sebuah lingkungan belajar yang didesain atau dibangununtuk membantu pelajar meningkatkan produktifitas belajar merekasehingga proses belajar mengajar tercapai sesuai dengan apa yangdiharapkan. Hal ini dapat digambarkan dengan, kemudahan para pelajardalam berfikir, berkreasi juga mampu secara aktif dikarenakanlingkungan belajar yang bersih sangat mendukung timbulnyaketertiban dan kenyamanan pada saat proses belajarmengajar  berlangsung. Berbeda halnya dengan pelajar yangmemiliki sebuah lingkungan belajar yang kotor, tentunya akanmenimbulkan kesan malas dan membosankan sehingga tidak timbul rasasemangat pada proses belajar mengajar.

Danuntuk mendukung semua hal diatas, SMKN 1 Beringin yang merupakanSekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah mencapai Adiwiyata tingaktprovinsi ini, tetap berkomitmen untuk menjaga kebersihan sekolahdengan membuat program dimana setiap harinya akan dilakukankebersihan pagi dan siang sebelum masuk ke jam pelajaran maupunsesudah jam pelajaran usai. Dan juga Program “Gotong Royong”setiap hari Jum’at.

MenurutR.Sitorus yang merupakan salah satu Guru di SMKN 1 Beringin, “Untukmenjaga kebersihan sekolah sehingga dapat memicu para siswa terusberprestasi adalah dengan setiap guru harus memiliki programkebersihannya masing masing, dan para siswa juga harus sadar denganselalu menjaga kebersihan kamar mandi, dimana sistem sanitasimerupakan syarat penting sekolah yang nyaman”

Prestasibelajar di sekolah tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana anak-anakgiat belajar dan dapat memahami pelajaran di sekolah, tapi jugakondisi lingkungan sekolahnya yang mendukung. Lingkungan sekolah yangnyaman dan bersih dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal,anak-anak menjadi lebih sehat dan dapat berpikir secara jernih,sehingga dapat menjadi anak-anak yang cerdas dan kelak menjadi sumberdaya manusia yang berkualitas.

VIDEO PILIHAN