Mohon tunggu...
Edi Sukoco
Edi Sukoco Mohon Tunggu... musik, olahraga, entertainment

Mencurahkan isi hati dengan tulisan dari pada berdiam diri tanpa gagasan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Self Talk, Baik atau Buruk?

7 Juli 2020   14:41 Diperbarui: 7 Juli 2020   16:10 115 16 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Talk, Baik atau Buruk?
gambar by pixabay.com

Merasa bersalah, hidup selalu dihantui penyesalan, selalu gagal dalam usaha, takut mencoba lagi sesuatu yang baru, mungkin anda semua pernah timbul perasaan itu dalam diri anda sendiri, ini tergolong wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Semua kecemasan dan galau di atas adalah perasaan sedih yang kita sebut juga self talk negatif dalam diri kita. 

Dalam self talk negatif ini terkadang manusia terbawa perasaan emosi, untuk mengatasi tingkat emosi self talk coba anda baca "Cobalah Redakan Emosi Lewat "Self Talk" - Kompas.com".

Berbeda lagi kalau anda yakin untuk menghadapi cobaan hidup dengan penuh keyakinan, saya mampu, saya kuat, saya masih berguna, lebih bodoh kalau saya menyerah, itu semua yang timbul perasaan dalam hati anda sendiri disebut  self talk positif.

Manusia berbicara dengan diri sendiri dan juga berbicara kepada orang lain dalam kehidupan sehari- hari. Didalam komunikasi sebenarnya berbicara dengan diri sendiri lebih banyak kita lakukan daripada berbicara dengan orang lain. Tetapi didalam alam bawah sadar kita tidak selalu menyadarinya dengan fakta ini.

kenapa saya gagal, saya takut, saya tidak bisa, ini beberapa contoh self talk negatif di dalam diri kita sendiri

saya mampu, saya bisa, saya masih berguna, saya pasti menang, ini adalah contoh self talk positif dari dalam diri anda


  • Jadi apa yang dimaksud dengan self talk?


Self Talk adalah pertanyaan kepada diri anda sendiri atau dialog batin. Seni berbicara atau berdialog batin ini hampir setiap hari kita lakukan, dan mungkin kita sendiri tidak selalu menyadarinya. 

Berbicara kepada seseorang atau teringat masa yang lalu, atau kita mendengar orang lain berdebat, sebenarnya kita sudah masuk dalam alam self talk. Self talk hadir dipikiran kita setiap saat. Jadi untuk membawa alam pikiran kita ke hal positif atau negatif tergantung diri kita sendiri yang mampu dan bisa mengendalikanya.

self talk adalah dialog batin, hampir setiap detik semua orang mengalami selk talk, tetapi kita tidak selalu menyadarinya 

  • Jadi apa saja yang mempengaruhi self talk kita dalam kehidupan sehari- hari ?

Semua kebiasaan dan perilaku kita sehari hari mempengaruhi pikiran dan hati kita. Apa yang kita lihat, dan apa yang kita dengar hampir semua berpengaruh terhadap  pikiran dan respon otak kita. 

Jadi untuk selalu mendapatkan hal- hal yang positif dan membangun self talk baik , tinggalkan kebiasaan dan perilaku yang negatif atau kebiasaan yang kita lakukan tidak baik, coba mulai sekarang merubah kebiasaan anda dengan hal yang positif, berperilaku baik, membaca bacaan yang berguna, dengan menonton tontonan yang baik pula dan lain- lain.

  • Seberapa pentingkah selk talk itu mempengaruhi keberhasilan kita ?

Self talk sangat penting dalam kehidupan kita sehari- hari, self talk adalah kunci pembeda nasib kita sendiri untuk berbagai kejadian yang kita alami ditengah kehidupan dengan orang lain.

 

Jadi self talk positif sangat berpengaruh besar dalam keberhasilan  pekerjaan kita, iman kita, dan kepribadian kita sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x