Mohon tunggu...
Ardiba Sefrienda
Ardiba Sefrienda Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger, Researcher

istri dari Edy dan ibu dari FREE(Faris Raditya Edsel Ediba)..we are edibafree Family. Kunjungi rumah maya saya di www.ardiba.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Ngeblog Itu Asyik

2 Mei 2017   12:09 Diperbarui: 2 Mei 2017   12:27 337 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ngeblog Itu Asyik
Ngeblog itu Asyik

Setuju? Eits, belum tentu semua setuju loh. Banyak yang belum merasakan keasyikan menulis blog. Oleh karena itu, Kompasianer Palembang mempersembahkan talkshow Ngeblog itu Asyik, Berawal dari Menulis Menambah Networking.

Pada talkshow ini, ada 4 narasumber kelas nasional yang siap berbagi pengalaman seputar ngeblog. Yang pertama adalah Koh Deddy Huang (deddyhuang.com) yang berkat ngeblog dia berhasil mendapatkan banyak gadget, jalan-jalan keliling Indonesia dan beberapa negara di dunia.

Ada Mbak Katerina (travelerien.com) yang tulisannya banyak dimuat di majalah pariwisata. Ada Haryadi Yansyah (omnduut.com) yang memiliki networking internasional berkat ngeblog. Dan Mbak Ira Hairida (itikkecil.com), yang saat ini menjalin kerjasama dengan Dinas Provinsi Sumatera Selatan karena kapasitasnya sebagai blogger.

Tuh, ngeblog nggak bisa dipandang sebelah mata kan? Banyak hal positif yang didapat dari menulis di blog. Tetapi, bisa mencapai seperti yang telah dicapai keempat narasumber ini tidaklah instan. Perlu proses dan kerja keras. Tetapi, satu hal yang membuat keempat narasumber ini menikmati prosesnya. Yaitu, mereka memang mneyukai dan mencintai dunia menulis.

Saat ini blogger memang banyak dilirik sebagai sarana promosi murah bagi banyak brand. Ulasan dari blogger biasanya otentik dan mendalam. Namun, banyak yang akhirnya aji mumpung, buat blog asal-asalan demi diundang acara. Ini salah. Karena ngeblog adalah proses membangun networking. Kalau blognya asal-asalan, maka yang akan melirik blognya juga orang yang asal-asalan. Sayang kan? Padahal, kalau menyimak perjalanan ngeblog keempat narasumber, semuanya tidak ada yang instan. Mbak Rien bahkan butuh waktu bertahun-tahun sampai akhirnya mantap menjadi blogger spesialis traveling (travel blogger).

Menulis itu nggak susah kok. Koh Deddy mengajarkan peserta untuk mulai menulis dengan menceritakan sebuah foto. Explorasi apa saja yang bisa diceritakan dari foto tersebut. Tanpa sadar, kita mungkin akan menulis lebih dari 100 kata dari foto tersebut. Kalau dalam satu blogpost terdapat 3 foto saja, maka sudah ada 300an kata dalam satu blogpost itu. Lumayan kan?

Jujur pas acara kemarin aku tidak terlalu menyimak karena sibuk mengkondisikan ketiga anak ini. Hahaha.

Peserta cilik Ngeblog itu Asyik
Peserta cilik Ngeblog itu Asyik
Habisnya kalau dibiarin mereka bertiga suka berisik. Maklum sih anak-anak. Tapi so far mereka kooperatif sih, soalnya udah pada sering ikut orang tuanya kerja dan datang ke acara formal.

Inti dari acara ini sih, mengajak peserta untuk giat menulis. Karena dengan menulis kita akan menemukan jati diri kita. Dengan menemukan jati diri sendiri, maka lebih mudah mencari networking yang tepat, bukan?

 Salam kompal!

Salam kompal!
Salam kompal!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan