Mohon tunggu...
Edi Setyorini
Edi Setyorini Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Guru taman kanak-kanak yang sangat menyukai anak kecil dan ingin menanamkan perilaku baik sejak usia dini.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membacakan Buku Dongeng Sebelum Tidur Meningkatkan Minat Baca Anak

29 Agustus 2022   22:37 Diperbarui: 29 Agustus 2022   22:39 208 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebagai rencana tindak lanjut sekolah yang mendapatkan apresiasi Gernas Baku (Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku) maka TK Islam Jerapah kuning, Bandar lampung melaksanakan program "Mendongeng kepada anak sebelum tidur", Program ini melibatkan orang tua untuk bekerjasama dalam pelaksanaannya, mereka diminta untuk membacakan buku kepada anak sebelum tidur bisa ayah atau ibu atau bergantian membacakannya dan hasilnya akan dituliskan di jurnal tentang buku apa saja yang mereka bacakan, tujuan mereka membacakan buku tersebut dan dampak positif pada anak setelah dibacakan buku setiap harinya, pengamatan juga dilakukan oleh guru di sekolah yaitu guru mere-call apa yang sudah diceritakan kepada ayah bunda sebelum tidur, diketahui dari portal halodoc.com, banyak manfaat yang didapatkan anak dari kegiatan membacakan buku sebelum tidur diantaranya

Meningkatkan Kemampuan Bicara dan Bahasa

Setiap interaksi yang dilakukan orangtua (misalnya, melalui kegiatan mendongeng) akan direspons oleh otak anak, yakni dengan menyerap suara serta bahasa yang digunakan saat bercerita.

2. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Membaca cerita sebelum tidur juga baik untuk merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Sebab saat mendengarkan cerita, ia akan berimajinasi mengenai alur cerita yang dibacakan oleh orangtuanya. Jika dibiasakan, hal ini akan mengajarkannya untuk berpikir cepat dan kreatif. Selain itu, membaca cerita sebelum tidur juga bisa meningkatkan IQ anak, termasuk mempertajam daya ingatnya (memori).

3. Mengenalkan Nilai Moral Positif

Ada banyak nilai moral yang bisa diajarkan orangtua pada anak melalui dongeng. Misalnya, nilai kejujuran, rendah hati, kerja keras, dan nilai moral positif lainnya. Sehingga, membaca cerita sebelum tidur diharapkan bisa membantu anak untuk belajar tentang nilai moral positif yang berlaku di masyarakat.

Sebelum membacakan cerita, ibu perlu memperhatikan jenis buku yang akan dibacakan. Jangan sampai ibu memilih cerita yang terlalu menakutkan bagi Si Kecil. Usahakan juga untuk menjadikan kegiatan mendongeng sebagai hal yang menyenangkan. Antara lain dengan menggunakan media boneka, intonasi yang beragam, dramatisasi cerita, dan mimik wajah yang menarik saat membacakan dongeng.

4. Menumbuhkan Minat Baca

Kegiatan mendongeng juga bisa menumbuhkan minat baca Si Kecil. Sebab, saat ia terbiasa dengan buku, ia akan menganggap buku sebagai benda yang menyenangkan.

Itulah diantaranya manfaat membacakan buku dongeng kepada anak sebelum tidur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan