Mohon tunggu...
Edeline Nezia Putri
Edeline Nezia Putri Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Nama saya adalah Edeline Nezia Putri, kebanyakan orang memanggil saya Edeline. Saya adalah pelajar yang mempunyai impian yang besar.

Hobi saya adalah bernyanyi, menonton youtube, dan tidur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Ujian yang Berat

5 November 2022   09:10 Diperbarui: 5 November 2022   10:18 787
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo para sahabat pembaca, apa yang kamu rasakan ketika mendengar kata ujian, Bahagia atau takut sampai jantung tak terkendali? Kebanyakan orang termasuk saya sebenarnya merasa sangat takut dan khawatir jika akan ada ujian di sekolah apalagi jika sama sekali tidak mempersiapkannya. Kadang orang merasa khawatair atau takut jika mau ada ujian karena mereka takut mendapatkan nilai yang tidak memuaskan.

Jika kalian tidak mau takut dan khawatir saat menghadapi ujian, kalian membutuhkan banyak persiapan untuk menghadapi ujian. Jika sudah banyak persiapan, kita dapat mengerjakan ujian dengan penuh ketenangan. Sekarang ini dia, cara-cara untuk menyiapkan ujian yang berat sekali.

1. Jangan belajar terlalu malam. Jika belajarnya terlalu malam, kita mungkin tidak dapat fokus belajar. Kita pasti merasa lelah di malam hari seperti di jam 10-11 malam apalagi malam menjelang pagi. Waktu yang tepat untuk belajar adalah di pagi atau siang hari. Pada pagi atau siang hari, kita dapat lebih memahami materi yang kita pelajari dan waktu belajarnya lebih banyak. Jangan lupa untuk belajar dengan sangat rajin.

2. Makan banyak makanan bergizi. Dengan memakan banyak makanan bergizi, tubuh kita dapat dipenuhi oleh energi yang banyak. Jika energinya banyak, kita tidak akan mudah lelah dan dapat semangat untuk belajar. Juga kita pastinya bisa lebih focus dalam belajar.

3. Berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan. Kita harus tahu bahwa kita tidak sendiri saat berjuang dalam mempersiapkan ujian. Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Jadi kita juga harus berdoa kepada Tuhan dan mintalah pertolongan Tuhan dalam mempersiapkan ujian. Jika sudah selesai berdoa percayalah bahwa Tuhan mau selalu menolongmu dan percayalah bahwa kamu pasti bisa.

4. Bertanya pada guru atau orangtua jika masih belum memahami apa yang dipelajari. Jika kita masih belum bisa memahami apa yang kita pelajari sampai waktu untuk tidur, kita bisa bertanya pada guru atau orangtua yang sudah memahami materi yang dipelajari. Dengan bertanya pada guru atau orangtua, kita dapat lebih mengerti bagaimana maksud/ cara mengerjakan materi dan soal yang kita pelajari.  

Itulah cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk mempersiapkan ujian. Semoga cara-cara ini bermanfaat dan berhasil untuk kalian terutama yang akan menghadapi ujian yang berat. Yang penting kita harus percaya kalau kita sudah mempersiapkan atau latihan dengan sungguh-sungguh kita pasti bisa. Jika ada cara yang tidak berhasil, tidak apa-apa yang penting kalian mau mencari cara lain untuk mempersiapkan ujian. Semangat semuanya yang akan menghadapi ujian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun