Mohon tunggu...
Eddy Mesakh
Eddy Mesakh Mohon Tunggu... WNI cinta damai

Eddy Mesakh. Warga negara Republik Indonesia. Itu sa! Dapat ditemui di http://www.eddymesakh.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Solskjaer vs Lampard, Siapa yang Unggul?

18 Juni 2019   04:48 Diperbarui: 19 Juni 2019   19:02 0 10 4 Mohon Tunggu...
Solskjaer vs Lampard, Siapa yang Unggul?
Solskjaer dan Lampard | Sumber: diolah dari www.independent.ie dan www.telegraph.co.uk

OPERATOR English Premier League (EPL) telah merilis jadwal kompetisi musim 2019/2020 pada Kamis, 13 Juni 2019 lalu. 380 Pertandingan dari matchday 1-38, akan bergulir mulai 10 Agustus 2019 hingga 17 Mei 2020.

Penggila bola, utamanya penggemar Liga Inggris, bakal tak kesepian lagi di malam Minggu dan Minggu malam. Kita bisa menyaksikan penampilan para rekrutan baru, tak terkecuali kembalinya para legenda sebagai peracik strategi di klub yang membesarkan mereka. 

Matchday pertama, kita langsung disuguhi big match. Manchester United akan menjamu Chelsea di Old Trafford, Minggu, 11 Agustus 2019. Keduanya akan kembali bentrok di Stamford Bridge pada matchday 26, Minggu, 8 Februari 2020. Ini bukan sekadar bentrok dua raksasa Inggris. Duel ini menarik sekaligus unik.

Menarik lantaran dua klub ini sama-sama ditangani manager baru. Pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer akan menjalani musim penuh pertamanya. Sementara Chelsea bakal diarsiteki Frank Lampard (40) untuk mengambil alih tugas Maurizio Sarri yang hengkang ke Juventus. 

Lampard hampir pasti kembali ke Stamford Bridge. Isu paling anyar, Roman Abramovich (pemilik Chelsea) langsung menelepon Lampard agar pulang. 

Sisi uniknya, jika Lampard sah menukangi The Blues lawan pertama yang akan dihadapi adalah Solskjaer. Keduanya adalah legenda klub masing-masing. Masa aktif bermain pun kurang lebih dalam periode hampir sama. Pernah saling berhadapan sebagai pemain.

Sebut saja musim 2001/2002, musim pertama Lampard membela Chelsea dan Solskjaer sedang berada di usia puncak pesepak bola professional. Dua pertemuan musim itu, kedua tim saling mengalahkan dengan skor identik 0-3 dan sama-sama menang di kandang lawan.

Pertemuan pertama, 1 Desember 2001 di Old Trafford, The Blues membantai tuan rumah 0-3. Claudio Ranieri memainkan Lampard selama 90 menit. Sementara Solskjaer baru diturunkan Sir Alex Ferguson pada menit 76 menggantikan David Beckham pada posisi tertinggal 0-2.

Pertemuan kedua pada 20 April 2002, giliran The Blues menjamu United di Stamford Bridge. The Red Devil membalas tuan rumah dengan skor 0-3. Kali ini Solskjaer tampil 90 menit dan mencetak gol ketiga pada menit 86. Di akhir musim, Arsenal juara, Liverpool runner up, MU bertengger di peringkat 3, sementara Chelsea di peringkat 6.

Keduanya berprestasi
Baik Soslkjaer maupun Lampard menjalani era sukses bersama klub masing-masing. Jika Lampard resmi ditunjuk sebagai manager Chelsea, maka keduanya tak mustahil menapaki jejak fenomenal Joseph "Pep" Guardiola bersama Barcelona atau Zidane bersama Real Madrid.

Sebagai pemain, Solskjaer 11 tahun membela United dari 1996-2007 di era kepelatihan Sir Alex. Bermain sebagai penyerang, pria Norwegia berjuluk the Baby Face Assasin tampil 366 kali di semua ajang dan mencetak 126 gol. Membantu United merebut enam trofi EPL, dua trofi FA Cup, satu trofi Liga Champions, dan satu trofi Intercontinental Cup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4