Eddo Richardo
Eddo Richardo PNS

Maju dan Terus Berusaha Lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Regional Pilihan

Berhati-hatilah dalam Mengelola Arsip

13 Maret 2018   11:05 Diperbarui: 13 Maret 2018   19:40 275 5 1
Berhati-hatilah dalam Mengelola Arsip
Pembukaan Bimtek Kearsipan. (Foto.Aldi/Humas)

SUNGAILIAT-Kepada seluruh pegawai Pemda Bangka yang mengelola arsip diharapkan berhati-hati karena berkaitan dengan permasalahan hukum dan harus diselamatkan oleh Negara karena akan diperlukan sewaktu-waktu.

Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Bangka, Rustamsyah, ketika membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan se Kabupaten Bangka yang diadakan selama 4 hari dari tanggal 13-16 Maret 2018 di Hotel Manunggal, Jalan Sudirman, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

''Bimtek ini diselenggarakan untuk membuka wawasan peserta agar lebih berhati-hati masalah arsip karena berkaitan dengan permasalahan hukum dan harus diselamatkan Negara,''ungkap Plt. Bupati Bangka.

Plt. Bupati Bangka mengalungkan secara simbolis tanda peserta Bimtek Kearsipan. (Foto.Aldi/Humas)
Plt. Bupati Bangka mengalungkan secara simbolis tanda peserta Bimtek Kearsipan. (Foto.Aldi/Humas)

Dikatakannya lagi, Pemda Bangka harus bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan kearsipan seperti yang diamanatkan dalam Pasal 8 ayat (3) UU Nomor 43 tahun 2009 yakni pembinaan kearsipan kabupaten/kota terhadap pencipta arsip di lingkungan daerah kabupaten/kota.

Oleh karena itulah, masalah arsip harus menjadi tujuan bersama dalam menyimpan dan menyelamatkan dokumen biasa ataupun yang rahasia pemerintah sehingga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan akan tersedia.

''Kedepannya juga diharapkan Pemda Bangka jangan hanya menyekolahkan di bidang pertanian atau kedokteran saja tetapi minimal D3 Arsip juga harus ada karena dibutuhkan untuk mengelola kearsipan. Kepada para peserta juga diharapkan mampu mengadopsi ilmu kearsipan dalam Bimtek ini dan mampu mengaplikasikan di OPD masing-masing terutama di di Pemerintahan Desa,''harap Rustamsyah.

Foto bersama. (Foto. Aldi/Humas)
Foto bersama. (Foto. Aldi/Humas)

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Hj. Mina Tarmizi, dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, kemampuan, dan keterampilan dalam mengelola arsip dinamis, dalam upaya meningkatkan tertib arsip di lingkup Pemerintah Kabupaten Bangka. Memberikan bekal teknis, arah, dan pedoman pengelolaan arsip dimulai dari penciptaan, pengurusan, penggunaan, pemeliharaan hingga penyusutan arsip. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya ASN di bidang tata kelola kearsipan.

''Peserta yang mengikuti ini sebanyak 34 orang dari pengelola arsip yang ditugaskan dari OPD se Kabupaten Bangka dengan narasumber dari Widyaiswara nasional Asep Mukhtar Mawardi dan Gunawan, serta narasumber lokal Arpandi dan Dewi Novrianti,''ungkap Hj. Mina.

Dalam kegiatan yang dimulai sekitar pukul 07.15 WIB tersebut dihadiri oleh para kepala OPD di lingkungan Pemda Bangka. (Edo/Humas)