Mohon tunggu...
Eddi Kurnianto
Eddi Kurnianto Mohon Tunggu... orang kecil dengan mimpi besar.

orang kecil dengan mimpi besar.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Catur Online, Basic Knowledge

23 Maret 2021   19:22 Diperbarui: 23 Maret 2021   19:43 287 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catur Online, Basic Knowledge
diolah dari kibrispdr.org

Beberapa hari terakhir sedang ramai soal Polemik Dewa Kipas dan tuduhan kecurangan yang dikeluarkan Gotham Chess. Soal polemik ini saya tidak akan membahas lebih jauh, usai pertandingan antara IM Irene Sukandar dan  pak Dadang sebagai salah satu pengguna akun Dewa Kipas, saya pikir sudah jelas bagi mereka yang berpikir. 

Saya menulis ini sebagai pemain catur amatir yang sudah beberapa tahun bermain catur online, sekaligus bekerja di sebuah media sebagai jurnalis olahraga, yang kebetulan sering ditanya sejak polemik itu naik ke permukaan. 

Saya bukan ahli, hanya penikmat catur, tapi beruntung mendapat pencerahan dari beberapa ahli karena pekerjaan saya itu. Berikut saya ingin menyampaikan beberapa konsep yang saya pelajari tentang perbedaan catur online dan catur melalui turnamen.

ELO RATING

Dunia catur adalah sebuah dunia kompetitif, dimana kemenangan menjadi ukuran kehebatan seorang juara. Repotnya kemudian adalah jika harus membandingkan antara seorang juara di negara berbeda yang tak pernah bertemu atau bertanding, bagaimana kita menentukan kehebatannya? 

Kalau di dunia atletik ada berbagai ukuran seperti ukuran kecepatan meter per detik, ukuran kekuatan dalam kilogram, atau jarak dalam meter. Tapi bagaimana kita mengukur kekuatan otak dan skill pemain catur?

Dalam catur ada yang disebut elo rating. Elo bukan singkatan, tapi diambil dari nama pencipta sistem penilaian ini, rpd l (1903-1992), ahli fisika Amerika Serikat kelahiran Hungaria.

Dalam sistem penilaian ini, setelah setiap pertandingan, pemain yang menang mengambil poin dari yang kalah. Perbedaan antara peringkat (rating) dari pihak pemenang dan yang kalah akan menentukan jumlah total poin yang ditambahkan atau hilang setelah permainan itu. Makin tinggi elo rating, makin tinggi peringkatnya dalam deretan pemain catur.

Misalnya ada dua  pemain bertarung; sebut saja Mawar dan Melati.  Mawar memiliki Rating tinggi, Melati memiliki Rating rendah. Jika Mawar yang rating tinggi menang, maka ia hanya mendapat sedikit poin yang akan diambil dari pemain berperingkat rendah. 

Namun, jika Melati dengan rating rendah yang menang, maka poin yang di transfer akan lebih besar. Melati juga akan mendapatkan poin jika seri dengan Mawar, karena peringkatnya lebih  rendah. Makin besar perbedaan antara elo rating Mawar dan melati, makin besar poin yang didapat Melati jika menang.

Makin sering bermain dan menang, makin tinggi elo rating dan peringkatnya. Makin sering main dan menang melawan orang yang elo ratingnya lebih tinggi dari kita, makin cepat elo rating kita naik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN