Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Hindari Empat Hal Ini agar Sehat dan Bahagia di Usia Lanjut!

11 Oktober 2022   19:03 Diperbarui: 15 Oktober 2022   04:01 563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sehat dan bahagia di usia lanjut (Sumber gambar: pixabay.com/StockSnap).  

Usia akan terus saja bertambah. Waktu untuk berada di dunia fana ini kian hari kian berkurang. Ada saatnya kita akan menjadi tua sebelum kemudian dipanggil ke pangkuan Tuhan.

Hidup memang mengikuti perputaran waktu: ada awal, tengah, dan akhir. Ada lahir, hidup, dan kemudian mati. Dan, kematian adalah sebuah keniscayaan.

Persoalannya terletak pada saat kita menua, saat kita harus -- secara perlahan-lahan, mengurangi volume kegiatan karena kondisi yang tidak memungkinkan lagi. Tidak seperti di masa muda dulu yang dipenuhi dengan kerja dan kerja tiada henti, mengerahkan segala kemampuan untuk mendapatkan rejeki dan mengaktualisasi diri.

Jauh sebelum masa tua menjelang, saat kita masih produktif, ada baiknya dihindari beberapa hal berikut ini. Menghindari hal-hal ini menjadi bagian yang penting dalam perjalanan hidup, agar kita sehat dan bahagia, juga agar tak menyesal di usia lanjut. Apakah itu?

Pertama, tidak menjaga kesehatan.

Syukurlah kalau sejak awal kita menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Dengan senantiasa menjaga kesehatan, kita berharap di masa tua kita bisa tetap sehat, setidak-tidaknya tidak sakit parah lantaran kesalahan dalam menjaga kesehatan  sejak masa muda.

Tidak sedikit orang lupa menjaga dirinya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang sejatinya merusak kesehatan tubuh dan pikiran. Misalnya, minum-minuman keras, menjadi pecandu narkoba, merokok berlebihan, dan lainnya.

Semua kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan dan minuman itu pasti akan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan, juga berefek negatif terhadap kesehatan di usia lanjut.

Oleh karena itu, ada baiknya kita, terutama yang masih muda-muda, menjauhkan diri dari segala jenis minuman dan makanan yang bisa merusak tubuh.  Sebaliknya, selalu berusaha menjaga tubuh agar tetap sehat dengan pola makan yang sehat dan tidak lupa berolah raga secara teratur.

Tubuh yang merupakan karunia Tuhan harus kita jaga dengan baik, karena hanya dengan perantaraan tubuh, kita bisa beraktivitas dengan baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun