Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Rasa Malas Mendera Diri, Bagaimana Mengatasinya?

23 Juni 2022   17:01 Diperbarui: 23 Juni 2022   17:08 133 22 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi mengatasi rasa malas (Sumber gambar: elitedaily.com).  

Pernahkah Anda dihinggapi rasa malas? Tentu pernah, bukan? Penulis juga didera oleh rasa malas. Untungnya masih sesekali saja, tidak terus-menerus.

Rasa malas itu sejatinya manusiawi saja, tidak aneh, dan umum dirasakan oleh banyak orang. Akan tetapi, kalau rasa malas itu dibiarkan berkembang dan mendominasi sikap mental dan perilaku kita tentu akan sangat berdampak, terutama terhadap tingkat produktivitas.

Nah, untuk mengatasi rasa malas tersebut, tentu ada cara atau kiatnya sehingga rasa malas tersebut bisa dicegah, diantisipasi, minimal dikurangi.

Memerangi Rasa Malas

Berikut disampaikan beberapa cara yang bisa dipertimbangkan dan dilakukan untuk mengurangi rasa malas tersebut.

Pertama, miliki rencana. Anda punya rencana? Miliki rencana dengan target di dalamnya, antara lain apa saja pekerjaan yang akan diselesaikan dan kapan waktu penyelesaiannya.

Dengan menetapkan batas waktu atau deadline, kita akan terbantu untuk mengatur waktu dalam mengeksekusi rencana tersebut sehingga dapat diselesaikan tepat waktu dan tepat mutu.

Kedua, prinsip: lakukan sekarang juga. Banyak orang suka menunda-nunda menyelesaikan pekerjaan karena didera oleh rasa malas yang berkepanjangan. Kalau hal ini dibiarkan terus-menerus pasti akan berdampak tidak baik.

Oleh karena itu, kita mesti melakukan apa yang kita rencanakan sesegera mungkin. Ketika rasa malas itu mulai datang, segera lawan dengan melakukan apa yang direncanakan.

Istilahnya: do it right now, don't procrastinate! Lakukan sekarang juga, jangan menunda-nunda. Dengan melakukan sekarang juga, maka kita sudah berhasil mengalahkan rasa malas itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan