Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Dear Kepala Desa, Yuk Segera Membangun Perpustakaan Desa

14 November 2021   15:15 Diperbarui: 22 November 2021   09:06 360 31 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sebuah perpustakaan desa yang dimanajemeni dengan baik (Sumbe rgambar: Dokumentasi pribadi).

Perjalanan melihat-lihat desa dan memerhatikan perpustakaan setempat, membawa saya pada dua kesimpulan mendasar.

Pertama, ada kepala desa yang concern dengan pengembangan perpustakaan desanya. Kedua, ada kepala desa yang sama sekali tidak peduli dengan keberadaan perpustakaan, bahkan tidak terlihat ada pojok baca sekali pun.

Lalu, apa yang saya pelajari dari pengamatan sederhana itu? Bagaimana para kepala desa melihat kebutuhan atau keberadaan perpustakaan?

Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah No. 3 tahun 2001 tentang Perpustakaan Desa/Kelurahan sudah mengisyaratkan pembangunan perpustakaan desa. Dan, Anggaran Dana Desa diperbolehkan untuk sebagian dimanfaatkan membangun perpustakaan.

Atensi Kepala Desa

Akan tetapi, berapa kepala desa yang memerhatikan? Semua akan terjawab apabila kita melihatnya langsung ke desa dan melihat ada-tidaknya perpustakaan di desa setempat dan kondisi real-nya.

Ada kepala desa yang sudah memahami sumber anggaran yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan perpustakaan. Kepala desa seperti ini berusaha menyisihkan sebagian dari anggaran desa untuk menyediakan sarana dan prasarana perpustakaan, berikut seluruh isi yang dibutuhkan.

Tidak terkecuali, menyediakan peralatan teknologi seperti komputer dengan akses internet. Termasuk juga mengangkat dan menggaji staf yang ditugaskan mengelola perpustakaan sehari-hari. Saya melihat langsung desa-desa yang perpustakaannya sudah cukup maju.

Sungguh menyenangkan melihat dan merasakan komitmen para kepala desa seperti ini. Ini pertanda perpustakaan desa akan bisa tumbuh-kembang dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

Tidak Mau Peduli

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan