Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Begini Cara Menyusun Pesan Bisnis yang Efektif

6 November 2021   13:49 Diperbarui: 6 November 2021   13:59 1522 22 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya menulis pesan bisnis secara efektif (Sumber gambar: investmentnews.com)

Tidak selalu melalui tatap-muka, komunikasi bisnis seringkali dilakukan melalui pesan-pesan tertulis. Berbeda dengan komunikasi tatap-muka yang lengkap dengan ekspresi dan gesture, komunikasi bisnis melalui pesan tertulis menghendaki kecermatan lebih dalam berbahasa tulis sehingga pesannya bisa sampai dengan baik.

Lantas, bagaimana menyiapkan pesan-pesan bisnis agar dapat dipahami dengan baik oleh konsumen atau mitra bisnis? Adakah teknik atau cara tertentu yang dapat dipedomani agar pesan bisnis bisa sampai dengan baik dan dan dapat dipahami oleh penerima pesan?

Perencanaan Pesan Bisnis

Untuk membahas lebih jauh tentang hal ini, kita akan berbicara tentang bagaimana merencanakan penulisan pesan bisnis, hal-hal yang perlu dihindari saat penyampaian pesan, dan manfaat yang diperoleh jika pesan bisnis disusun dengan baik.

Perencanaan merupakan bagian penting dalam berbagai kegiatan, baik kegiatan dalam bisnis maupun nonbisnis. Perencanaan yang baik cenderung membuahkan hasil yang baik pula. Sebaliknya, perencanaan yang buruk akan membawa kepada kegagalan atau keterpurukan.

Oleh karena itu, perencanaan pesan bisnis tidak boleh dianggap remeh, melainkan harus dipersiapkan sedemikian rupa agar hasilnya maksimal. Dengan kata lain, pesan bisnis mesti direncanakan dengan baik.

Tujuan Pesan Bisnis

Dalam perencanaan pesan bisnis, pertama-tama yang harus diperhatikan adalah tujuan penyusunan pesan bisnis itu. Amanat apa yang dibawa oleh pesan atau surat bisnis yang sedang kita susun?

Adakah pesan itu menyangkut upaya memperkenalkan produk perusahaan, surat penawaran produk, surat perjanjian, surat klarifikasi terhadap permasalahan yang diadukan konsumen dan mitra bisnis, atau lainnya?

Jadi, tujuan penulisan pesan bisnis mesti jelas terlebih dahulu. Jangan sampai pesan utama tidak mendapatkan perhatian dan menjadi kabur karena kesalahan dalam penulisan isi pesan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan