Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kompasiana, Wadah Mahasiswa Mengasah Kemampuan Menulis!

25 September 2021   11:12 Diperbarui: 26 September 2021   03:59 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mahasiswa menulis (Sumber: freepik.com)

Teringat dulu semasih mahasiswa, saya senang sekali menulis. Niat menulis itu berawal dari kegemaran membaca buku dan artikel di koran. Saya pikir pada waktu itu, sepertinya saya juga bisa menulis seperti para penulis yang artikel-artikelnya saya baca.

Dan, saya coba melakukannya. Thankfully, saya berhasil. Sekali mengirim naskah ke sebuah koran nasional, langsung dimuat. Horee. Luar biasa menyenangkannya. Membahagiakan sekali. Sejak itulah saya keranjingan terus menulis kendati artikel yang saya kirim tidak selalu berhasil dimuat.

Memanfaatkan Peluang

Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, banyak hal dipermudah. Mengakses informasi dan pengetahuan apa pun sungguh gampang dilakukan.

Sumber informasi sangat melimpah yang bisa dijadikan sebagai referensi. Mengirim karya tulis pun dipermudah dengan fasilitas e-mail, whatsapp, dan aplikasi lainnya.

Keadaan ini tentu sangat memberikan kemudahan kepada mahasiswa yang ingin dan suka menulis untuk memperkaya pengetahuannya. Lalu, sudahkah mahasiswa masa kini memanfaatkan kemajuan teknonologi yang tersedia dan dengan sigap membuat artikel sesuai dengan minat, fiksi atau nonfiksi?

Terlebih-lebih ruang kesempatan untuk mempublikasikan tulisan kian banyak. Berbagai media, cetak, elektronik, dan digital, membuka banyak ruang pilihan untuk mempublikasikan karya. Akankah para mahasiswa memanfaatkan peluang ini?

Saya memperhatikan banyak mahasiswa yang aktif menulis di kompasiana. Mereka rajin meng-upload karya-karya mereka di situs milik Kompas group ini. Ini pertanda baik, positif.

Kompasiana merupakan salah satu platform yang sangat tepat untuk menulis, termasuk bagi mereka yang tengah mengasah kemampuan menulisnya.

Tantangan Intelektual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun