Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Catatan Pengalaman Selama 7 Tahun Mengelola Majalah Pemerintah Daerah

3 Agustus 2021   10:55 Diperbarui: 3 Agustus 2021   19:24 166 16 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Catatan Pengalaman Selama 7 Tahun Mengelola Majalah Pemerintah Daerah
Salah satu kolom Opini di Majalah Pemerintah Daerah (dok.pribadi).

Agar pengalaman yang pernah saya jalani tidak hilang dari ingatan, ijinkan saya mencatatnya di sini. Bukan untuk pamer pengalaman yang tidak seberapa ini, melainkan hanya untuk mencatatkan perjalanan saya memimpin sebuah majalah penerbitan pemerintah daerah.

Saya punya hobi atau passion dalam dunia tulis-menulis. Dan, ketika saya ditugasi untuk me-manage sebuah penerbitan, saya pun menyanggupinya. Niat saya terutama untuk mengasah kemampuan mengelola penerbitan tersebut sekaligus mengasah kemampuan menulis.

Apa saja catatan pengalaman yang saya dapatkan dalam mengelola dan menulis di majalah dimaksud? Saya akan menjelaskan tentang bagaimana tim mengelola majalah tersebut bekerja.

Pengelolaan Majalah

Majalah milik pemerintah daerah ini hanya terbit 6 kali dalam setahun. Jadi, relatif banyak waktu untuk mempersiapkannya. Majalah dwibulanan ini saya urus bersama anggota tim yang berjumlah sekitar 10 orang. Dengan keanggotaan yang relatif kecil tersebut, tim menjadi agile alias lincah bergerak.

Setiap anggota tim tidak hanya bekerja untuk majalah ini. Setiap orang dari mereka memiliki tugas dan pekerjaan masing-masing. Hanya karena ditunjuk oleh pimpinan masing-masing akhirnya mereka tergabung dalam tim. Dengan tim inilah kami menyusun program hingga menuntaskan penerbitan dan pendistribusian majalah.

Untuk menyusun program selama setahun, kami adakan rapat secara khusus. Di dalam rapat dijelaskan target bulan terbit dalam setahun, dana yang tersedia, dan siapa mengerjakan apa, ke mana didistribusikan dan pernik-pernik lainnya. Semua program kegiatan itu mengacu pada upaya merealisasi sebuah penerbitan yang memiliki kualitas yang baik.

Penerbitan ini sudah cukup lama adanya. Ia menjadi salah satu sarana untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca. Informasi mengenai hal-hal urgen yang perlu disampaikan kepada masyarakat serta pengetahuan yang diharapkan berguna dan menginspirasi pembaca.

Di samping anggota tim yang berkontribusi, penulis lepas (freelance) diberikan kesempatan untuk menulis. Artinya, para penulisnya tidak melulu dari lingkungan pemerintahan daerah, bahkan juga dari untuk guru, dosen, dan lainnya. Keikutsertaan penulis-penulis dari luar itu memungkinkan majalah ini menjadi terbitan yang variatif dari sisi konten.

Persiapan Penerbitan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan