Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Mau Tahu Mengapa Politisi Menggunakan "New Media" dalam Kampanye Politik?

18 Juli 2021   08:05 Diperbarui: 18 Juli 2021   08:18 164 18 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Tahu Mengapa Politisi Menggunakan "New Media" dalam Kampanye Politik?
Kampanye politik melalui media baru (Sumber: http://news.unair.ac.id- Linovhr.com )

Kampanye politik, apa maksudnya? Sepertinya sudah sangat jelas. Secara sederhana kampanye politik dapat didefinisikan sebagai usaha politisi untuk meraup suara masyarakat untuk meraih kekuasaan, baik di legislatifmaupun di eksekutif.

Kampanye politik adalah istilah yang sering kita dengar. Apalagi pada saat ada pemilihan bupati atau walikota, gubernur, presiden, juga pada saat pemilihan anggota dewan yang terhormat, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah.

Bahkan, di tingkat desa pun ada kampanye politik tatkala ada pemilihan kepala desa. Hanya saja formatnya sederana dan gemanya sangat terbatas.

Di balik gemerlap kampanye politik, sejatinya ada jurus-jurus ampuh yang diam-diam sangat diandalkan oleh para politisi sebagai komunikator politik.

Bermula dari Kampus

Pada ujian akhir semester minggu lalu, saya memberikan pertanyaan kepada para mahasiswa seperti ini. Kalau Saudara adalah seorang politisi yang hendak melakukan kampanye politik, media apa saja yang akan Saudara pilih saat ini.

Ada beberapa alternaif pilihan jawaban yang masuk melalui google form, di antaranya televisi dan koran. Ada juga yang menjawab dengan baliho atau spanduk.

Menariknya, tidak satu pun mahasiswa yang tidak menyebut media baru (new media) seperti facebook, twitter, istagram, dan lainnya yang berbasis internet.

Membaca jawaban itu, saya jadi ingin menguliknya lebih jauh di sini untuk menjawab pertanyaan mengapa politisi memilih menggunakan media baru dalam berkampanye.

Apa Keunggulannya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x