Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Tajuk Rencana di Koran, Apa dan Mengapa (Harus) Ada?

4 Juli 2021   06:42 Diperbarui: 4 Juli 2021   09:43 748 50 16 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tajuk Rencana di Koran, Apa dan Mengapa (Harus) Ada?
Tajuk Rencana sebuah koran (dok.pribadi)

Pembaca tentu sering melihat Tajuk Rencana di koran atau media lainnya. Jenis tulisan ini biasanya selalu dihadirkan setiap kali sebuah koran terbit. Tidak pernah sebuah koran konvensional hadir tanpa Tajuk Rencana.

Beragam Tulisan

Tajuk Rencana merupakan salah satu tulisan di media massa. Di samping tulisan jenis ini, tentu ada juga tulisan yang lain, seperti berita, features, iklan, karikatur, dan opini.

Beragam tulisan itu dibuat redaksi untuk disajikan kepada pembaca sebagai sumber informasi dan pengetahuan. Dengan membacanya, masyarakat pembaca bisa memperoleh berbagai pengetahuan dan informasi terkini.

Berita-berita yang ditampilkan menggambarkan keadaan senyatanya di lapangan, hasil liputan para wartawan dengan sudut pandang (angle) tertentu.

Features ditulis untuk menyajikan sisi-sisi human interest kehidupan manusia sehingga menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Features menjadi tulisan yang menyentuh rasa kemanusian dan hati nurani pembaca.

Sementara itu, artikel opini -- sering disebut 'opini' saja,  ditulis untuk memberikan berbagai pandangan atau pendapat terhadap suatu persoalan di tengah-tengah masyarakat.

Dengan menyajikan artikel opini, masyarakat pembaca dapat mengetahui berbagai pemikiran para pakar atau praktisi dalam bidang tertentu.

Pada umumnya opini ditulis oleh penulis dari lepas (freelance), bukan anggota redaksi. Mungkin pembaca sudah mengetahui beberapa nama penulis opini yang kehadiran tulisannya selalu ditunggu-tunggu pembaca.

Nah, bagi siapa pun yang senang menulis, menjadi penulis opini di koran merupakan salah satu pilihan yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x