Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Tuangkan Idemu, Wujudkan Mimpimu!

1 Juli 2021   20:50 Diperbarui: 2 Juli 2021   04:16 109 16 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tuangkan Idemu, Wujudkan Mimpimu!
Ilustrasi tuangkan idemu, wujudkan mimpimu (Sumber: kind-folk.tumblr.com)

Entah dari mana saya dapatkan judul di atas. Yang pasti, judul tersebut tidak orsinal dari saya. Saya pungut judul itu begitu saja dari ranah publik.

Faktor yang mendorong saya untuk memungutnya adalah pesan tersirat yang disampaikan di dalam kalimat tersebut.

Terus-terang, saya suka sekali dengan kalimat tersebut sehingga saya angkat sebagai judul tulisan ini. Dengan menjadikannya judul sekaligus topik tulisan, setidaknya saya bisa mencoba menyelaminya secara lebih dalam, memaknainya, dan memberinya ulasan yang relevan dengan pendekatan sederhana.

Tuangkan Idemu

Kalau kalimat di atas kita pisahkan menjadi dua, maka yang pertama menjadi: Tuangkan Idemu. Sedangkan, kalimat yang kedua: Wujudkan Mimpimu. Tentu saja kedua kalimat tersebut berkaitan satu sama lain sehingga dihubungkan dengan sibol koma (,).

Mari kita tengok kalimat pertama terlebih dahulu: Tuangkan Idemu. Apalagi makna kalimat ini selain menuangkan ide melalui tulisan atau karangan.

Kita didorong untuk menuangkan gagasan dengan menggunakan huruf, kata, kalimat, artikel, dan seterusnya.

Menuangkan ide adalah cara bagi kita untuk mengekspresikan diri melalui karya tulis. Kita bisa menulis, apapun bentuk tulisan itu.

Akan tetapi, menuangkan ide tidaklah selalu mudah bagi sebagian orang. Membuat pembaca paham dengan apa yang kita tulis bukanlah perkara gampang bagi sebagian orang. Terlebih-lebih bagi mereka yang baru belajar menulis.

Diperlukan latihan dan latihan secara berkelanjutan. Kontinuitas berlatih sangat diperlukan untuk menguasai keterampilan menulis dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN