Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Membangun "Personal Branding" melalui Kompasiana, Mungkinkah?

13 Juni 2021   20:37 Diperbarui: 15 Juni 2021   04:31 219 29 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membangun "Personal Branding" melalui Kompasiana, Mungkinkah?
Ilustrasi menulis (Sumber gambar: pinterest.com/atarmagwa)

Baru saja saya membaca tulisan Pak Irwan Rinaldi Sikumbang -- kompasianer senior, yang sudah sangat berpengalaman dalam menulis. Artikel beliau yang saya baca itu berjudul Penulis Generalis vs Penulis Spesialis, yang Penting Enjoy Aja.

Dua Pilihan

Artikel Pak Irwan membahas tentang penulis dan kepenulisan. Disinggung juga mengenai pilihan sebagai penulis: mau menjadi penulis spesialis atau penulis generalis. Saya senang sekali membaca tulisan beliau ini.

Tulisan Pak Irwan membuat saya tercenung dengan sebuah pertanyaan. Apakah saya seorang penulis spesialis atau generalis? Saya berusaha menemukan jawabannya!

Sejak dulu, ketika senang-senangnya menulis di media cetak, baik koran maupun majalah, saya menulis sembarang topik.

Apa yang terkesan di dalam pikiran, itulah terkadang menjadi inspirasi penulisan. Jadi, saya menulis topik tentang apa saja, semau saya.

Akan tetapi, saya mempunyai kecenderungan menulis seputar dunia literasi. Entah mengapa saya sangat tertarik dengan dunia yang satu ini. Mungkin saja lantaran saya sejak kecil suka membaca, lalu diikuti pula dengan kesenangan menulis.

Dua Buku Khusus Menulis

Pernah di awal-awal ber-kompasiana-ria saya banyak menulis tentang teknik dan seni tulis-menulis.  Saya membuat artikel berseri yang lumayan panjang. Serial itu akhirnya saya himpun, maka jadilah buku yang berjudul Menulis dengan Modal Nekat.

Di samping itu, masih dalam konteks kecintaan pada dunia literasi, saya juga pernah menulis buku yang berjudul Subconscious Mind Writing, Memanfaatkan Pikiran Bawah Sadar dalam Penulisan. Buku ini memuat sedikit teknik menulis dan banyak motivasi menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN