Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

"Toxic People", Begini Ciri-ciri dan Cara Menghadapinya!

22 Mei 2021   10:59 Diperbarui: 22 Mei 2021   12:16 232 25 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Toxic People", Begini Ciri-ciri dan Cara Menghadapinya!
Suasana kerja di kantor, hati-hati dengan toxic people (Sumber gambar: aea365.org)

Apakah yang dimaksud dengan toxic people? Berdasarkan definisinya, toxic people adalah istilah yang diberlakukan pada orang-orang beracun atau orang yang suka menebarkan sikap dan perilaku negatif, yang suka menyusahkan atau merugikan orang lain di sekelilingnya.

Hubungan toksik (toxic) adalah hubungan yang membuat salah satu pihak merasa tidak didukung, direndahkan, atau diserang, bentuk tindakan negatif yang bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Memerhatikan Ciri-cirinya

Nah, sekarang coba perhatikan di sekeliling Anda. Adakah orang yang seperti digambarkan di atas: toxic people?

Lalu, apa ciri-ciri orang toksik itu dan bagaimana kita mesti menyikapinya agar tidak terpengaruh atau teperdaya olehnya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Pertama, suka mengkritik.

Orang toksik adalah dia yang suka sekali mengkritik orang lain. Ia selalu mampu melihat kekurangan orang-orang di sekitarnya. Ada saja yang dikritiknya. Ia piawai menemukan kekurangan atau kelemahan orang lain, kendati tidak mampu melihat kekurangan dirinya sendiri.

Tepat sekali ungkapan "gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak", untuk orang-orang seperti ini.

Kendati orang berniat baik dan berbuat baik, di mata orang toksik selalu tampak negatif. Negativitas ini sudah menjadi bawaannya. Ia akan dengan mudah melihat kekurangan orang lain, lalu menyerang dengan kritik sekehendak hatinya. Jangan tanya soal sopan-santun, yang ada hanyalah pikiran dan sikap negatif.

Ia akan merasa bangga ketika mampu melihat dan membeberkan kekurangan atau kelemahan orang lain. Dengan cara demikian, ia akan merasa hebat, dan  merasa senang. Suka mengkritik adalah salah satu ciri umum toxic people.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN