Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Inilah Lima Tujuan Membaca, Anda Pilih yang Mana?

8 Mei 2021   11:09 Diperbarui: 11 Mei 2021   04:06 591 47 19 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Lima Tujuan Membaca, Anda Pilih yang Mana?
Ilustrasi membaca buku| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Kalau tiba-tiba ada yang bertanya, apa tujuan Anda membaca? Lalu, apa jawab Anda? Tentu akan ada jawaban yang berbeda sesuai dengan tujuan Anda membaca.

Penetapan dan pemastian tujuan membaca menjadi penting agar jelas manfaat yang ingin dipetik dari kegiatan ini. Tanpa tujuan, kita akan bingung untuk apa sebenarnya kita membaca dan hal ini akan berdampak terhadap motivasi membaca.

Membaca tanpa tujuan sama saja dengan berjalan tanpa tujuan. Banyak hal yang dilintasi, tapi tak terlihat. Banyak langkah yang sudah diayunkan, tapi tak tentu arah.

Membaca dengan tujuan yang pasti akan menjawab pertanyaan: mengapa kita meluangkan waktu untuk melakukannya. Mari kita rinci satu per satu tujuan membaca.

Pertama, membaca untuk mendapatkan informasi terbaru.

Kita acapkali merasa perlu mengetahui keadaan atau situasi terkini di daerah, di tingkat nasional, bahkan di tingkat internasional.

Dorongan untuk mendapatkan informasi yang aktual mendorong kita mencarinya dari pemberitaan media. Belum lama ini, misalnya, kita fokus melihat tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402, kasus Munarman, dan kasus Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di tanah Papua.

Ilustrasi membaca buku (Sumber gambar: bek-five.ru)
Ilustrasi membaca buku (Sumber gambar: bek-five.ru)

Sebagian besar dari kita ingin mengetahui perkembangan pemberitaan dari pelbagai media yang tersedia. Untuk ini kita perlu membaca untuk mengetahuinya secara lebih jauh tentang situasi terkini.

Membaca untuk mendapatkan informasi teraktual merupakan kebutuhan, apalagi di era global ini. Rasanya akan merasa ketinggalan apabila tidak mengikuti perkembangan informasi terbaru.

Bahan diskusi atau ngobrol pun menjadi nyambung dan hangat apabila kita bisa mengetahui intormasi baru tersebut. Akan senang rasanya bisa urun pendapat dan informasi tatkala sedang berbincang-bincang ringan dengan para sahabat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN