Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Perempuan-perempuan yang Hobi Menulis, Siapakah Mereka?

24 April 2021   17:15 Diperbarui: 24 April 2021   19:12 218 32 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perempuan-perempuan yang Hobi Menulis, Siapakah Mereka?
Penulis-penulis perempuan (Sumber gambar: mr-marketing.eu)

Kalau kepada Anda disodorkan pertanyaan, apa hobi paling menonjol kaum perempuan, apa jawab Anda? Mungkin saja ini: memasak dan shopping. Benarkah? Setujukah? Apa pun jawaban Anda, up to you saja.

Penulis Perempuan

Dalam artikel ini, kita tidak akan berbicara tentang kedua hobi di atas, melainkan melirik wanita-wanita yang punya hobi menulis.

Kita soroti perempuan yang punya hobi menulis karena ia pasti perempuan cerdas (smart), berpengetahuan luas, dan berpikiran terbuka (open minded).

Menyenangkan, bukan, kalau membaca tulisan para perempuan seperti itu? Kita akan mendapatkan guyuran pengetahuan dan hasil imajinasi mereka yang keren-keren.

Saya senang sekali mengetahui banyak perempuan Indonesia yang bertekun di bidang tulis-menulis. Merekalah yang secara nyata sudah menuangkan pemikirannya  melalui media buku dan media lainnya untuk dibaca atau diwariskan kepada generasi penerus.

Penulis Indonesia dan Dunia

Berbicara tentang penulis dari kalangan perempuan, saya jadi teringat dengan para novelis yang dimiliki Indonesia. Antara lain, Ayu Utami, NH Dini, Dewi Lestari, Mira W, Laila S. Chudori, Djenar Maesa Ayu, Oka Rusmini, dan Helvi Tiana Rosa. Masih banyak lagi yang lainnya.

Selain penulis atau pengarang yang berasal dari negeri sendiri, bertaburan juga bintang-bintang pengarang dari berbagai belahan dunia. Siapa mereka?

Untuk menyebut beberapa saja di antaranya, yaitu JK Rowling, Simone de Beauvoir, Virginia Woolf, Agatha Christie, Harper Lee, dan Maya Angelou. Terdapat banyak pengarang perempuan yang hasil karyanya sangat terkenal.

Pengarang-pengarang ini sudah banyak berkarya bagi negerinya dan dunia pada umumnya. Mereka sudah mewariskan banyak karya yang bisa kita nikmati saat sekarang. Betapa besar jasa mereka bagi dunia tulis-menulis dan peradaban dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x