Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

"Si Ratu Malam", Akankah Menjadi Tren 2021?

6 Januari 2021   19:35 Diperbarui: 12 Januari 2021   04:36 643 48 25 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Si Ratu Malam", Akankah Menjadi Tren 2021?
Bunga wijaya kusuma yang tumbuh di halaman rumah (Sumber: dok.pribadi)

Tanaman bunga hias yang dijuluki "Si Ratu Malam" saya dapatkan dari seorang sahabat. Tanaman yang juga dikenal dengan nama umum Wijaya Kusuma ini sudah saya tanam sejak lama.

Bunga yang Indah

Ada yang saya tanam langsung di tanah, ada juga yang saya tempelkan di pakis yang saya ikatkan pada batang pohon yang cukup besar. Bagaimana pun cara menanganinya, tanaman ini tetap saja tumbuh dan rajin berbunga.

Senang melihat tanaman ini terutama ketika sedang berbunga. Di samping bentuk daunnya yang melengkung indah berjuntai, bunganya pun sangat indah, seperti matahari yang sedang cerah saja layaknya.

Tiga hari lalu tanaman wijaya kusuma di halaman rumah kembali berbunga. Kali ini lumayan banyak bunganya hanya dari satu pohon. Saya hitung, paling tidak ada 17 pucuk bunga yang bergelayut di ujung-ujung daunnya.

Mahkota bunganya yang lumayan besar dan berwarna putih cerah terlihat sangat eksotis dan tentu bisa dapat membuat suasana halaman rumah kita terlihat lebih cantik.

Bukan hanya keelokan bunga dan tampilannya secara keseluruhan yang membuat kita terpesona dengan bunga ini. Si Ratu Malam ini pun punya mitos yang mengesankan. Bunga ini pun bisa dijadikan bahan obat untuk mengatasi penyakit tertentu? Nah, lengkap bukan?

Mari kita mulai mengulas tentang bunga wijaya kusuma alias si ratu malam ini lebih jauh. Mulai dari keberadaannya, mitos yang menyertai, manfaatnya sebagai obat, hingga cara memeliharanya.

Keberadaan Si Ratu Malam

Bunga wijaya kusuma merupakan salah satu tanaman yang memiliki bunga yang harum dan mekar dalam waktu yang sangat singkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x