Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kompasianer Nominasi Award dan Kompasianival 2020

28 November 2020   09:55 Diperbarui: 29 November 2020   07:59 439 65 28 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kompasianer Nominasi Award dan Kompasianival 2020
Ilustrasi logo kompasianival 2020 (Sumber: kompasiana)

Beberapa hari belakangan ini saya tidak menulis di kompasiana. Bukan lantaran lagi malas. Bukan pula sedang bosan. Hanya ada sedikit kegiatan yang cukup menyita waktu yang menuntut saya mesti fokus.  

Saya sedang mengikuti diklat virtual yang bertajuk Digital Government Capacity Building yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB RI bekerja sama dengan Ministry of the Interior and Safety (MOIS) Korea  sejak 11 November 2020 dan akan berlangsung hingga 30 November 2020.

Diklat itu diikuti oleh 23 orang dari seluruh Indonesia, mewakili institusi atau daerahnya. Saya bersyukur bisa ditunjuk menjadi salah satu di antara peserta. Kesempatan yang sangat bagus untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan.

Apa yang dapat dipelajari dari program capacity building yang secara keseluruhan akan berlangsung selama 19 hari itu? Tema utama diklat adalah tentang bagaimana pemerintah Korea membangun teknologi komunikasi dan informasi (ICT)-nya dari awal hingga saat ini.

Seperti apa perjalanan yang dimulai dari merencanakan, mengeksekusi, sampai dengan mengevaluasi setiap tahapan pembangunan khususnya e-government di Korea, hal-hal itulah yang dipaparkan.

Kendati kerjasama peningkatan kapasitas ini diselenggarakan antara pemerintahan kedua negara, pembicara yang dihadirkan bukan dari kementerian setempat melainkan dari guru besar atau pakar perguruan tinggi, antara lain dari Seoul National University.

Menyenangkan mengikuti diklat seperti ini. Dapat menambah pengetahuan tentang pembangunan Korea beserta keseluruhan tahapan dan kendalanya hingga berhasil menjadi negara maju dalam penerapan ICT khususnya e-government. Pembelajaran ini menjadi lengkap dengan sejumlah diskusi dan kuis yang lumayan menarik dan menantang.

Kompasianer Peraih Nominasi

Itulah sepintas salah satu kegiatan saya belakangan ini yang menyebabkan saya belum bisa hadir di sini dalam beberapa hari terakhir. Dan, kini saatnya saya menyampaikan ucapan selamat kepada semua sahabat, tanpa kecuali, yang sudah berhasil meraih nominasi dalam berbagai kategori "the best" award yang akan digelar berkaitan dengan acara Kompasianival dalam waktu dekat ini.

Saya ikut bahagia, beberapa sahabat berhasil meraih nominasi dalam acara bersama ini. Ada Mbak Hennie Triana, Pak Katedrarajawen, Pak Rudy Gunawan, Pak Felix Tani, dan Mas Ozy Alandika, nama-nama beken di kompasiana  yang sudah banyak menyumbangkan gagasan dan pengalaman di platform ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN