Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis

Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Jangan Sampai Terlambat Melakukan 4 Hal Penting Ini Mengantisipasi Datangnya Musim Hujan

22 September 2020   22:35 Diperbarui: 24 September 2020   10:16 380 23 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Sampai Terlambat Melakukan 4 Hal Penting Ini Mengantisipasi Datangnya Musim Hujan
Salah satu lokasi banjir di Aceh Barat Daya, Rabu (23/9/2020).(Dok BNPB via KOMPAS)

Cerita banjir dan tanah longsong ketika musim hujan turun sudah menjadi berita yang sekan-akan tiada pernah habisnya.

Banyak masyarakat menjadi kerepotan bahkan menjadi korban akibat musim hujan yang tak diantisipasi dengan baik. Banjir dan tanah longsor terjadi di banyak tempat.

Upaya Antisipasi

Diperlukan upaya-upaya yang masif dalam mengantisipasi banjir dan tanah longsor ketika musim penghujan itu tiba. Bahkan, tidak hanya menjelang musim penghujan, antisipasi mesti dilakukan sepanjang waktu agar tak kelabakan ketika berhadapan dengan musim penghujan datang.

Nah, untuk meminimalkan segala kemungkinan yang bisa mengakibatkan kerugian, seyogianya musim penghujan yang segera datang ini diantiasipasi dengan sebaik-baiknya.

Apa yang bisa dilakukan? Kita akan membahasnya di bawah ini, mulai dari hal-hal sederhana yang bisa dikerjakan di rumah secara mandiri atau bersama beberapa orang sampai dengan yang membutuhkan keterlibatan banyak orang dengan pola gotong-royong.

Cek Genteng Rumah

Pertama, cek keadaan rumah. Dimulai dari yang paling dekat: apakah ada genteng atap rumah yang retak atau bocor? Segera lakukan penggantian. Yang retak atau bocor ganti dengan genteng yang utuh.

Pastikan juga tak ada genteng yang bergeser dari tempatnya semula. Pergeseran itu bisa mengakibatkan masuknya air di sela-sela genteng yang kurang tepat posisinya.

Ada baiknya disediakan beberapa genteng yang utuh sebagai persediaan yang bentuk dan ukurannya sama persis dengan yang sudah terpasang di atap rumah. Ketika ada genteng terpasang yang rusak, maka kita segera bisa menggantinya dengan genteng yang sama.

Seringkali terjadi, orang kesulitan mendapatkan genteng sejenis, lantaran genteng tersebut tak diproduksi lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x