Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Inilah 7 Tips Berbelanja Cermat dan Hemat

13 Mei 2020   21:17 Diperbarui: 14 Mei 2020   19:00 105 16 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 7 Tips Berbelanja Cermat dan Hemat
Sumber gambar: refinery29.com

Menjelang hari raya atau bahkan di hari-hari biasa, kita pasti memerlukan bahan-bahan makanan dan keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Kita pun akan berbelanja, ke pasar tradisional, ke minimarket atau supermarket, atau ke warung terdekat.

Terkadang kita sudah mengeluarkan jumlah uang yang besar, tetapi merasa masih saja ada sejumlah barang yang belum kita beli dan bawa pulang. Nah, untuk bisa belanja hemat dan cermat, mari kita pertimbangkan 7 tips berikut ini. Hal ini penting agar kita dapatkan apa yang benar-benar kita butuhkan dengan pengeluaran yang sesuai.

Buat Catatan dan Batasi Bawa Uang

Pertama, buatlah catatan sebelum pergi berbelanja ke pasar. Saya melihat banyak kaum ibu yang datang berbelanja selalu ingat membawa catatan kecil yang berisi daftar barang atau bahan-bahan yang akan dibeli. Ia menuliskan itu di secarik kertas kecil, membawanya serta di dalam dompet, lalu meluncur ke pasar. Ibu-ibu seperti ini akan memedomani catatan belanjaan itu ketika bertransaksi di pasar.

Kedua, membatasi membawa uang. Bawalah uang secukupnya saja. Kalaupun dilebihkan, jangan pernah banyak. Sedikit saja. Kelebihan itu bisa membahayakan, bisa habis juga akhirnya. Oleh karena itu, jika berbelanja ke pasar, baik ke pasar tradisional, supermarket dan lainnya, sebaiknya batasi membawa uang.

Dengan pembatasan jumlah uang, maka kita akan terpaksa mengerem diri dari godaan membeli yang tidak ada dalam catatan belanja. Kita bisa fokus membeli apa yang kita butuhkan saja. Yang di luar catatan, maaf, tidak dulu! Kita hanya membeli hal-hal yang benar-benar diperlukan, tidak melirik yang lain. Apalagi kalau kita termasuk golongan orang yang seringkali "kalap" belanja, bisa berabe jika membawa uang banyak.

Hindari Kartu Kredit dan Beli Hanya yang Perlu

Ketiga, hindari penggunaan kartu kredit. Pakai uang cash saja. Ini terutama untuk mereka yang suka "kalap": if you can't stop thinking about "buy it" dalam berbelanja, di pasar modern khususnya. Dengan kartu kredit kita bisa berbelanja semuanya, berbelanja berdasarkan keinginan sesaat, tanpa perencanaan.

Akhirnya, bisa jadi sudah banyak barang yang kita beli yang belum tentu akan digunakan nantinya. Kendati pun dalam banyak hal kartu kredit itu sangat membantu, tapi bagi mereka yang doyan belanja seharusnya lebih berhati-hati agar tidak terkejut ketika tagihan membengkak datang belakangan.

Keempat, belilah yang benar-benar diperlukan. Datang ke pasar memang untuk berbelanja. Tapi, berbelanja apa yang sudah dicatat, yang sudah dipikirkan, dan yang benar-benar dibutuhkan.

Sebaiknya dihindari pembelian spontanitas, yang tak direncanakan. Belilah barang yang benar-benar dibutuhkan, bukan sekadar menuruti keinginan sesaat begitu melihat barang yang menarik. Intinya, hindari godaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN