Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Usaha Menembus Batas! Empat Belas Artikel Sehari

29 Maret 2020   20:15 Diperbarui: 30 Maret 2020   17:46 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/834925218401179731/

Artikel saya kemarin (28/3) yang berjudul "Satu Hari Satu Artikel, Sanggupkah?" mendapat cukup banyak tanggapan dari para sahabat. Rata-rata para sahabat mengatakan bahwa mereka tidak selalu bisa menghasilkan sebuah artikel dalam satu hari. Walaupun sesekali bisa lebih dari satu artikel dalam sehari, tetapi untuk menjaga kontinuitas satu hari satu artikel dipandang masih sulit.

Saya juga merasakan hal seperti itu. Masih mengalami kesulitan membuat satu artikel dalam satu hari secara konsisten, terus-menerus, tanpa henti. Terkadang bisa lebih dari satu, bisa dua atau tiga artikel, tapi banyak juga kosong alias tidak menulis sama sekali.

Contoh dari Pak Tjip dan Pak Bahrul

Di kolom komentar lapak saya, hadir Pak Tjiptadinata Effendi yang pada intinya tidak mengalami kesulitan seperti yang saya dan beberapa sahabat alami. Beliau bisa menulis berbagai topik.

"Hmm kalau bagi saya ide banyak Pak. Tampak semut, bisa tulis tentang semut, tampak sepasang burung pipit, bisa tulis tentang burung. Tapi, yang sulit adalah menulis artikel yang banyak pembacanya, he he he," tulis Pak Tjip -- begitu saya sering menyebut nama beliau-- di kolom komentar lapak saya.

Rupanya yang diperlukan adalah menemukan topik dan masalahnya, lalu menguraikan ke dalam bentuk artikel yang lengkap. Pak Tjip sudah membuktikan apa yang beliau tulis di kolom komentar itu. Saya sungguh salut terhadap komitmen dan konsistensi beliau dalam penulisan, khususnya di kompasiana tercinta.

Di samping Pak Tjip, ternyata ada juga sahabat kita, Pak Bahrul Ulum, yang luar biasa dalam hal kuantitas penulisan. Betapa tidak! Seperti ditulis di kolom komentar, Pak Bahrul bahkan sudah bisa membuktikan diri sanggup menulis 14 artikel dalam sehari!

"Awal nulis cuma 1 artikel, kurang tantangan, coba untuk 9 artikel, kok bisa. Naikkan lagi 14 artikel ternyata bisa. Lagi mencoba  20 artikel dalam satu hari, nanti kalau nulis di bawah itu, maka ngalir sendiri kaya filosofi air hulu hilir," tulis Pak Bahrul Ulum.

Hal ini, bagi saya, sungguh menarik dan menantang. Sebelumnya saya sama sekali tidak pernah menduga ada sahabat di sini yang sanggup menulis 14 artikel dalam sehari! Bahkan, Pak Bahrul Ulum, mengaku tengah berusaha meningkatkan target jumlah tulisan hingga 20 judul artikel per hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun