Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis

Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menguak Proses Kelahiran Sebuah Buku

8 Desember 2019   11:32 Diperbarui: 9 Desember 2019   19:53 59 8 1 Mohon Tunggu...

Bagi sebagian dari kita barangkali belum tahu dengan pasti bagaimana sebuah buku dibuat. Muncul pertanyaan demi pertanyaan, bagaimana proses terwujudnya tulisan panjang berbentuk buku. Banyak buku tipis yang mungkin waktu pembuatannya relatif pendek, tapi tak kurang pula buku yang sampai 500-an lebih halamannya. agaimana bisa membuatnya? Agar tidak penasaran, mari kita telisik proses kelahiran sebuah buku.

Ada dua buku dengan model penyusunan buku. Pertama adalah buku yang merupakan kumpulan tulisan atau artikel, dan kedua adalah buku yang khusus dibuat dan bukan merupakan himpunan tulisan-tulisan parsial.

Buku dari Kumpulan Artikel 

Cukup banyak buku yang lahir dari sekumpulan tulisan lepas. Tulisan demi tulisan itu dibuat dalam kurun waktu yang panjang. Artikel itu pun sebagian atau seluruhnya sudah pernah dimuat di media cetak atau media online. Daripada terserak begitu, sang penulis akhirnya mengambil keputusan untuk menyatukan tulisan-tulisan tersebut ke dalam bentuk buku.

Tulisan-tulisan itu kemudian dikelompokkan sedemikian rupa mengikuti tema yang diusung. Ada tulisan yang bertema politik dikumpulkan menjadi satu bab, dan yang bertema pendidikan juga dihimpun dalam satu bab juga, begitu seterusnya.  

Sekadar contoh, ada dua buku saya yang mengikuti pola kumpulan artikel ini, yakni buku "Menulis dengan Modal Nekat" dan buku "Catatan Suweca." Buku Menulis dengan Modal Nekat yang diterbitkan Mei 2013 itu merupakan kumpulan artikel dengan tema yang sama. Artikel-artikel tersebut pernah dimuat secara bersambung di kompasiana.com dengan judul utama: I Love Writing.

Selanjutnya, buku yang juga merupakan kumpulan artikel adalah buku "Cacatan Suweca". Materi buku ini diambil dari sejumlah tulisan penulis sendiri yang pernah dimuat di media cetak (koran) dan media online.

Dari sekian tulisan yang terpisah, penulis seleksi kembali, melihat relevansinya, lalu  penulis kumpulkan sesuai tema. Ada lima tema yang muncul selaras dengan konten, yakni tentang politik, pendidikan, ekonomi, sosial budaya, dan motivasi.

Untuk melengkapi dengan satu contoh lagi, saya sebut buku yang diterbitkan Penerbit Pustaka Tokoh tahun 2001.  Judulnya: "Orbit: Buah Pikir, Perjalanan Karier, dan Kiat Sukses 53 Tokoh Masyarakat."

Seperti disebutkan di-cover, buku berketebalan 404 halaman ini  merupakan himpunan hasil wawancara sejumlah wartawan Tokoh dan kontributor yang selama aktif menulis untuk tabloid Tokoh.

Terdapat 18 kontributor/wartawan yang tulisannya dimuat di situ, dan saya salah satunya. Tulisan saya hanya ada dua yang dimuat di dalam buku tersebut, keduanya merupakan hasil wawancara saya dengan tokoh pendidikan Sunaryono Basuki KS dan seorang fotografer kawakan, Tan Sioe Lay.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x