Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis

Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Menjaga Kesehatan: Senam Dulu, Minum Jus Kemudian

6 Agustus 2012   11:56 Diperbarui: 25 Juni 2015   02:11 494 4 8 Mohon Tunggu...

Ini acara setiap minggu pagi. Saya dan istri, pada setiap minggu pagi harus bersiap-siap berangkat senam terapi kesehatan. Kira-kira pukul 05.30 kami berdua sudah meluncur ke lokasi senam, tepat di pinggir pantai yang indah. Para sahabat peserta senam biasanya sudah banyak yang mendahului ada di situ. Tepat pukul 06.00 senam dimulai. Lama senamnya kurang-lebih satu jam, lumayan membuat berkeringat. Senam ini tak memerlukan kekuatan fisik, karena gerakan-gerakannya ringan dan halus. Malah yang dibutuhkan adalah olah nafas dan gerakan yang benar sesuai dengan panduan.

Pulang dari senam pagi, istriku bergegas ke dapur, menyiapkan jus buah dan/sayur. Sebelum mengisi perut dengan sarapan pagi, kami membiasakan diri minum jus buah dan sayur terlebih dahulu. Apa menu jus hari ini? Tergantung apa yang tersedia di kulkas. Tapi, pagi ini kami menikmati jus dengan beragam buah dan sayur. Ada tomat, wortel, kembang kol, brokoli, dan stroberi. Lumayan lengkap. Maklum saja, kemarin saya sempat singgah ke daerah penghasil sayur mayur di Bali, yakni kawasan Bedugul, Tabanan. Saya membeli bahan-bahan jus itu di Pasar Bedugul. Makanya, ketersediaan bahan jus cukup lengkap. Saya merasa tak sabaran untuk menikmati jus yang multibuah dan sayur itu.

Manfaat Buah dan Sayur

Ahli gizi, Emma S. Wirakusumah menjelaskan bahwa buah dan sayur tersebut sangat baik bagi kesehatan, mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar senantiasa sehat, bugar, dan terproteksi dari berbagai macam penyakit. Mari kita lihat, apa saja kandungan buah dan sayur itu sesuai dengan penjelasan sang ahli gizi di atas.

Pertama, tomat. Jenis buah ini mengandung provitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan asam folat. Di samping itu, juga mengandung kalsium, besi, kalium, fosfor, dan serat. Tomat bermanfaat untuk membersihkan darah dan hati, mencegah usus buntu, sebagai anti kanker, dan mencegang terjadinya penggumpalan darah.

Kedua, wortel. Umbi wortel berwarna oranye ini mengandung provitamin A, kalsium, fosfor, kalium di samping mengandung serat. Wortel dikenal sangat baik untuk kesehatan mata, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan memperlancar pencernaan. Selain itu, wortel juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit infeksi, sebagai anti kanker, dan menurunkan tekanan darah.

Ketiga, kembang kol. Bunga kubis atau cauliflower ini mengandung banyak provitamin A, vitamin C, dan asam folat, di samping kalsium, indole, kalium, selenium, serta serat. Manfaat kembang kol diantaranya untuk menurunkan risiko terjadinya kanker kolon, rectum, perut, dan prostat. Kembang kol dapat menetralkan sel kanker dan melumpuhkan racun-racun aditif yang berbahaya serta membantu dalam pengendalian diabetes.

Keempat, brokoli. Jenis sayuran yang dikelompokkan ke dalam kubis-kubisan ini terdiri dari gabungan kuntum yang berhimpun dan berbentuk bunga yang besar. Kandungan zat gizinya antara lain provitamin A, viutamin C, mineral besi, kalsium, kalium, dan selenium. Brokoli juga mengandung senyawa antidote, flavonoid dan serat. Famili kubis ini efektif untuk mencegah terjadinya kanker, sebagai antioksidan, seta memperlancar saluran pencernaan.

Kelima, stroberi. Buah ini berwarna merah, mungil, dan berbentuk lonjong dan terasa manis, asam, dan segar dengan kandungan air yang cukup tinggi. Seperti halnya beberapa jenis bahan jus yang dijelaskan di atas, stroberi juga mengandung provitamin A (karotenoid), vitamin B1, B2, vitamin C, dan asam folat. Ia juga mengandung kalium, magnesium, fosfor, flavonoid, dan serat. Strawberry ini oleh ahli gizi disebutkan sebagai buah yang bermanfaat sebagai antioksidan, antikanker, dan baik sekali untuk menjaga ketahanan tubuh.

Itulah sederet buah dan sayur yang saya satukan menjadi jus yang segar dan enak dinikmati di minggu pagi. Anda mau mencobanya? Jangan tunda lagi. Nikmati segarnya, dapatkan sehatnya, yuuukk.

( I Ketut Suweca , 6 Agustus 2012).

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x