Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis

Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Siapakah Penulis Sukses Itu?

14 Mei 2011   23:59 Diperbarui: 26 Juni 2015   05:41 0 2 12 Mohon Tunggu...

Siapakah yang pantas disebut penulis sukses?

Menurut Wayan, penulis sukses adalah ia yang kaya raya dari hasil menulis. Ia telah berhasil membuat buku yang sangat laris bahkan bukunya sudah pula di-filmkan sehingga dia berhak atas penghasilan yang besar dari situ. Tak hanya satu dua bukunya yang mencapai international best seller, bahkan puluhan.

Menurut Made, penulis yang sukses adalah dia yang telah berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat dunia, dan karenanya, dia mendapatkan penghargaan tertinggi, seperti sebagai pemenang Hadiah Nobel. Ia benar-benar mengabdikan seluruh hidupnya demi pengembangan ilmu pengetahuan dan membukukan hasilnya untuk dibaca masyarakat dunia.

Menurut Nyoman, penulis yang sukses adalah mereka meniti tangga penulisan dengan stamina yang meluap-luap. Sukses bukanlah suatu titik pencapaian, melainkan suatu proses menjadi yang tiada habis-habisnya. Barang siapa yang tengah menjalani proses menjadi dalam dunia penulisan dengan semangat yang menyala-nyala, maka dialah sang penulis sukses.

Menurut Ketut, penulis sukses adalah penulis yang namanya terkenal di seluruh dunia. Laki-perempuan, tua-muda, di muka bumi ini mengenal namanya. Nama besarnya terukir di dalam hati sanubari pembaca karya-karyanya. Ia benar-benar populer karena karyanya.

Kekayaan yang diperoleh dari menulis, keberhasilan mencipta dan berbagi ilmu melalui karya tulis, stamina menulisyang meluap-luap, sertaketerkenalan nama,itulah ukuran sosok penulis sukses.

Kalau demikian definisi/pengertian penulis sukses,manakah yang paling sesuai menurut Anda?Atau, sahabat kompasianer berpendapat lain?

KONTEN MENARIK LAINNYA
x