Mohon tunggu...
Dzikry
Dzikry Mohon Tunggu... Penulis

Saya hanyalah manusia biasa yang tinggal di bumi indonesia dan haus akan ilmu.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Memahami Sejarah Linux dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

23 Oktober 2020   21:37 Diperbarui: 23 Oktober 2020   22:02 270 3 0 Mohon Tunggu...

Halo kembali lagi dengan saya mas dzikry yang akan membahas mengenai sistem operasi linux, Bagi Anda yang sudah lama mengenali dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi Linux selain Windows. Nyatanya OS ini juga seringkali digunakan oleh kebanyakan orang sebab memiliki banyak kelebihan di baliknya. Lantas apa sebenarnya sejarah Linux dan perkembangannya?

Sejarah Singkat Linux

Sejarah Linux berawal dari tahun 1991 yang dimulai oleh pria kebangsaan Finlandia bernama Linus Torvalds. Linus tepatnya menjadi mahasiswa ketika membagikan kode sumber atau source code melalui internet dengan ukuran seperti disket.

Pada waktu itu, Linus memang tidak pernah menyangka apabila yang sedang dibuatnya akan lahir sebagai bisnis hebat di kemudian hari. Linus muda pun juga heran jika sistem operasi Linux biasanya akan menjadi sistem operasi paling menjanjikan. Hal ini menjadi cikal bakal dari operasi sistem yang terkenal hingga saat ini.

Sistem operasi berupa Linux ini dapat diaplikasikan pada beberapa server, tablet PC, handphone, komputer desktop, PDA, GPS, robot, mobil bahkan pesawat buatan NASA. Tentu saja perkembangan ini tidak disangka oleh Linus pada saat membuatnya.

Sejarah Linux dari Unix

Dimulai di tahun 1969, para peneliti dari AT&T's Bell Laboratories mulai melakukan implementasi sistem operasi bernama Unix. Selanjutnya hasil eksperimen ini dirilis pertama kali di tahun 1971 dengan menggunakan bahasa berupa Assembly sebelum diubah dalam pemrograman C pada 1973. 

Penggunaan bahasa tingkat tinggi pada waktu itu nyatanya membuat sistem operasi Unix dapat dengan mudah digunakan pada banyak platform komputer. Selanjutnya OS ini berhasil melambung tinggi lewat pemberian lisensi gratis oleh AT&T's Bell Laboratories.

Sayangnya Unix sempat dijual di tahun 1984 sebagai produk berbayar lantaran AT&T memutuskan untuk memulai usahanya sendiri dan terpisah dari Bell Lab. Pada tahun 1990, program Unix telah berhasil dikomersilkan dan dilengkapi meskipun beberapa komponen seperti kernel belum optimal.

Perkembangan Linux

Sejarah os Linux memang cukup panjang untuk diulas. Sistem operasi ini awalnya diterapkan pada lingkungan produksi berskala besar. misalnya organisasi sekelas NASA pun sudah mulai menggunakan komputer dengan OS ini meskipun harus mengganti mesin mahal mereka sebelumnya.

Kemudian upaya komersialisasi semakin besar dilakukan ketika IBM, Dell dan HP mulai memberikan dukungan pada sistem operasi ini. Mereka mulai meninggalkan Monopoli dari Microsoft sebagai  pasaran OS di masa itu.

Saat ini Linux nyatanya sudah digunakan pada beberapa perangkat di seluruh dunia mulai dari embedded hingga sistem tanam seperti halnya komputer. Banyak individu hingga perusahaan besar telah mengembangkan sistem operasi ini sebagai langkah usahanya.

Linux Di Masa Kini

Linux kini nyatanya sudah dipercaya oleh kebanyakan elemen masyarakat sebagai sistem operasi pemasangan server apabila dibandingkan dengan jenis OS lainnya. Adanya distro yang semakin ramai di pasaran membuat penggunaan OS ini  pada komputer desktop kian tidak tertandingi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN